Browse By

Kepahlawanan : Muhammad Al Fatih

Bismillaahirrohmaanirrohiim

Bunda-bunda solihat, hari ini tema diskusi kita tentang

๐ŸŒนKepahlawanan: Muhammad Al Fatih๐ŸŒน

yuuuk… kita simak artikel berikut ini…

๐ŸŒน๐ŸŒน๐ŸŒน๐ŸŒน๐ŸŒน๐ŸŒน๐ŸŒน๐ŸŒน๐ŸŒน๐ŸŒน๐ŸŒน
Bisyarah adalah sebuah kabar gembira yang Allah turunkan kepada ummatnya, baik melalui al-Qurโ€™an ataupun melalui ucapan Rasulullah saw. Bisyarah adalah perlambang janji Allah dan menjadi penyemangat kaum muslim selama berabad-abad lamanya, keyakinan akan janji Allah ini terpatri kuat di dalam jiwa kaum muslim dan menjadi harapan ditengah-tengah keputusasaan, menjadi pengingat dalam kealpaan dan menjadi sebuah sumber energi yang tidak terbatas sampai kapanpun juga. Dengan bisyarah inilah kaum muslim berjuang dan menorehkan tinta emas dalam sejarah peradaban dunia.

Salah satu bisyarah yang dapat menginspirasi setiap Muslim adalah bisyarah Rasulullah yang disampakan oleh Abdullah bin Amru pada shahabat:

ูู‚ุงู„ ุนุจุฏ ุงู„ู„ู‡ ุจูŠู†ู…ุง ู†ุญู† ุญูˆู„ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู†ูƒุชุจ ุฅุฐ ุณุฆู„ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุฃูŠ ุงู„ู…ุฏูŠู†ุชูŠู† ุชูุชุญ ุฃูˆู„ุง ู‚ุณุทู†ุทูŠู†ูŠุฉ ุฃูˆ ุฑูˆู…ูŠุฉ ูู‚ุงู„ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู…ุฏูŠู†ุฉ ู‡ุฑู‚ู„ ุชูุชุญ ุฃูˆู„ุง ูŠุนู†ูŠ ู‚ุณุทู†ุทูŠู†ูŠุฉ

Abdullah bin Amru bin Al-Ash berkata,

โ€œbahwa ketika kami duduk di sekeliling Rasulullah saw untuk menulis, tiba-tiba beliau saw ditanya tentang kota manakah yang akan difutuh (dibebaskan) terlebih dahulu, apakah kota Konstantinopel atau kota Romaโ€. Rasulullah SAW menjawab, โ€œKota Heraklius terlebih dahulu (maksudnya Konstantinopel)โ€ (HR Ahmad)

ู„ุชูุชุญู† ุงู„ู‚ุณุทู†ุทูŠู†ูŠุฉ ูู„ู†ุนู… ุงู„ุฃู…ูŠุฑ ุฃู…ูŠุฑู‡ุง ูˆู„ู†ุนู… ุงู„ุฌูŠุด ุฐู„ูƒ ุงู„ุฌูŠุด

โ€œKalian pasti akan membebaskan Konstantinopel, sehebat-hebat amir (panglima perang) adalah amir-nya dan sekuat-kuatnya pasukan adalah pasukannyaโ€ (HR Ahmad)

Alhamdulillah. Di tahun 1453 M, bisyarah Alloh dan RasulNya terbukti, konstantinopel berhasil di kuasai oleh kaum Muslim. Ternyata pemimpin dan pasukan terbaik yang dimaksud dalam hadits itu adalah Muhammad al Fatih dan pasukannya.

Siapakah Muhammad Al Fatih

Muhammad II atau selanjutnya dikenal sebagai Muhammad Al-Fatih, yang akan menaklukan kota ini, sejak kecil dia telah dididik oleh ulama-ulama besar pada zamannya, khususnya Syaikh Ahmad Al-Kurani yang mengajarkan padanya Al-Qurโ€™an dan Syaikh Aaq Syamsuddin yang tidak hanya menanamkan kemampuan beragama dan ilmu Islam, tetapi juga membentuk mental pembebas pada diri Mumammad al-Fatih. Beliau selalu membekali al-Fatih dengan cerita dan kisah para penakluk, kisah syahid dan mulianya para mujahid, dan selalu mengingatkan Muhammad II tentang bisyarah rasulullah dan janji Allah yang menjadikan seorang anak kecil bernama Muhammad II memiliki mental seorang penakluk.

Maka tidak mengherankan ketika berumur 16 tahun, Al-Fatih telah menguasai 8 bahasa dan dia telah memimpin ibukota Kesultanan Utsmani di Edirne (Adrianopel) sejak berumur 21 tahun (ada yang memberikan keterangan dia telah matang dalam politik sejak 12 tahun). Sebagian besar hidup Al-Fatih berada diatas kuda, dan beliau tidak pernah meninggalkan shalat rawatib dan tahajjudnya untuk menjaga kedekatannya dengan Allah dan memohon pertolongan dan izin-Nya atas keinginannya yang telah terpancang kuat dari awal: Menaklukan Konstantinopel.

Muhammad Al Fatih pun merancang strategi untuk merebut konstatinopel. Pada tahun 1453 itulah, kemudian Muhammad Al Fatih berangkat beserta pasukannya menuju konstatinopel. Pertarungan sangat berat, awalnya, pasukan Muslim banyak yang syahid dan benteng kota yang kokoh tetap tidak tertembus, sampai akhirnya mereka, dengan izin Alloh, melakukan strategi yang belum pernah dilakukan. Dan ditengah-tengah prrtempuran itu, Muhammad Al Fatih membakar semangat pasukannya:

โ€œJika penaklukan kota Konstantinopel sukses, maka sabda Rasulullah saw telah menjadi kenyataan dan salah satu dari mukjizatnya telah terbukti, maka kita akan mendapatkan bagian dari apa yang telah menjadi janji dari hadits ini, yang berupa kemuliaan dan penghargaan. Oleh karena itu, sampaikanlah pada para pasukan satu persatu, bahwa kemenangan besar yang akan kita capai ini, akan menambah ketinggian dan kemuliaan Islam. Untuk itu, wajib bagi setiap pasukan, menjadikan syariat selalu didepan matanya dan jangan sampai ada diantara mereka yang melanggar syariat yang mulia ini. Hendaknya mereka tidak mengusik tempat-tempat peribadatan dan gereja-gereja. Hendaknya mereka jangan mengganggu para pendeta dan orang-orang lemah tak berdaya yang tidak ikut terjun dalam pertempuranโ€

MasyaAllah, ini sebuah penegasan pada pasukannya bahwa kemenangan tidak akan bisa dicapai dengan mengandalkan kekuatan belaka, bukan pula karena kecerdasan dan strategi perang, Muhammad Al-Fatih sangat memahami bahwa kemenangan hanya akan tercapai dengan izin dan pertolongan Allah.

Maka ia meminta seluruh pasukannya bermunajat pada Allah, menjauhkan diri dari maksiat, bertahajjud pada malam harinya dan berpuasa pada esok harinya. Pada tanggal 29 Mei 1453, serangan terakhir dilancarkan, dan sebelum Ashar, al-Fatih sudah menginjakkan kakinya di gerbang masuk konstantinopel. Berakhirlah pengepungan selama 52 hari lamanya dan penantian panjang akan janji Allah selama 825 tahun lamanya. Konstantinopel dibebaskan kaum muslim melalui tangan Al-Fatih!

Tim Tema Diskusi Harian HSMN
HSMN.timtemadiskusi@gmail.com

sumber

Felix Siauw. http://felixsiauw.com/hโ€ฆ/muhammad-al-fatih-secrets-revealed/

ใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐ
๐Ÿ”…๐Ÿ”†๐Ÿ”…๐Ÿ”†hsmn๐Ÿ”†๐Ÿ”…๐Ÿ”†๐Ÿ”…
ใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐ
๐Ÿ‘ฅfacebook.com/hsmuslimnusantara
๐Ÿ‘ฅFB: HSMuslimNusantara Pusat
๐Ÿ“ท instagram: @hsmuslimnusantara
๐Ÿค twitter: @hs_muslim_n
๐ŸŒ web:
hsmuslimnusantara.org
๐Ÿ“–๐Ÿ“–๐Ÿ“–๐Ÿ“–๐Ÿ“–๐Ÿ“–๐Ÿ“–๐Ÿ“–๐Ÿ“–๐Ÿ“–๐Ÿ“–๐Ÿ“–
Biografi Muhammad Al Fatih yang lengkap, in Sya Alloh bisa kita dapatkan di banyak sekali buku maupun sumber-sumber internet. Sekilas, kita dapat melihat, bagaimana orang tua seorang Muhammad Al Fatih mempersiapkan sang buah hati untuk dapat menjadi pemimpin terbaik. Kita dapat melihat betapa kekuatan iman kepada Alloh dan Rasululloh SAW,dapat menimbulkan kehebatan yang luar biasa. Bisyarah yang disebutkan diawal artikel adalah sebuah bisyarah, petunjuk dan kabar gembira bagi kaum muslim bahwa dua pilar peradaban barat pada waktu itu yang dijadikan simbol peradaban, yaitu: Kota Roma (Romawi Barat) dan Kota Konstantinopel (Romawi Timur) akan dibebaskan dan diberikan pada kaum Muslim. Konstatinopel sudah takluk. Maka, Kota Roma, in Sya Alloh dapat kita rebut, siapakah Muslim yang akan merebutnya? Apakah itu buah hati kita? Inginkah kita memiliki buah hati yang ‘pantas’ merebutnya? Bagaimana kira-kira cara yang harus kita tempuh?

Diskusi yuuuk…

Mari menebar ilmu, hikmah dan manfaat yang telah Alloh beri..

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *