Browse By

Membuat Makanan Tradisional Bersama Anak

Assalamualaikum juara cilik HSMN! Hari jum’at tanggal 27 November 2015 ini asyiknya ngapain yaaaa….

Ada yang suka bantu bunda di dapur ngga? Ikut memasak, atau mencuci piring? Hayoooo angkat tangaaan!!

Nah, bagaimana kalau sekarang, kita sama-sama belajar membuat makanan tradisional.

Eeits..ada yg tahu, apa itu makanan tradisional?

Yuk dibaca dulu artikel di bawah ini, minta bantuan bunda yaa untuk memahami isinya.

🍧🍧🍧🍧🍧🍧🍧🍧🍧

Pengertian Makanan Tradisional Atau Makanan Khas

Makanan adalah bahan, biasanya berasal dari hewan atau tumbuhan, dimakan oleh makhluk hidup untuk memberikan tenaga dana nutrisi. Cairan dipakai untuk maksud ini sering disebut minuman, tetapi kata ‘makanan’ juga bisa dipakai. Istilah ini kadang-kadang dipakai dengan kiasan, seperti “makanan untuk pemikiran”. Kecukupan makanan dapat dinilai dengan status gizi.

Tradisional adalah tradisi atau kebiasaan yang di lakukan oleh nenek moyang kita yang sejak kini masih di lestarikan oleh masyarakat.

Makanan tradisional Indonesia dipengaruhi oleh kebiasaan makan masyarakat dan menyatu di dalam sistem sosial budaya berbagai golongan etnik di daerah-daerah. Makanan tersebut disukai , karena rasa, tekstur dan aroma nya sesuai dengan selera nya. Demikian juga dengan kebiasaan makan khas daerah umumnya tidak mudah berubah, walaupun anggota etnik bersangkutan pindah ke daerah lain.

Bagi masyarakat Indonesia umumnya amat diyakini khasiat, aneka pangan tradisional, seperti tempe, tahu, bawang putih, madu, temu lawak, gado-gado, kacang hijau, ikan laut, ikan darat dan lain-lain. Karena di samping khasiat, makanan tradisional Indonesia juga mengandung segi positif yang lain seperti: Bahan-bahan yang alami, bergizi tinggi, sehat dan aman, murah dan mudah didapat, sesuai dengan selera masyarakat sehingga diyakini punya potensi yang baik sebagai makanan.

Makanan tradisional Indonesia dipengaruhi oleh kebiasaan makan masyarakat dan menyatu di dalam sistem sosial budaya berbagai golongan etnik di daerah-daerah. Makanan tersebut disukai , karena rasa, tekstur dan aroma nya sesuai dengan selera nya. Demikian juga dengan kebiasaan makan khas daerah umumnya tidak mudah berubah, walaupun anggota etnik bersangkutan pindah ke daerah lain.

Dengan beragam dan bervariasi nya bahan dasar, maka dapat dihasilkan bermacam-macam jenis makanan tradisional yang sedemikian rupa sehingga menjadi makanan yang lezat dan gizi seimbang. Demikian juga cara pengolahan nya dilakukan dengan beragam dan bervariasi seperti: Dengan membakar/memanggang, pengasapan, pemepesan, pengukusan, menggoreng dan menumis.

Sumber
http://hidayah-khotim.blogspot.co.id/2012/01/apakah-makanan-tradisional-itu.html?m=1

🍧🍧🍧🍧🍧🍧🍧🍧🍧

Nah, adik-adik pembelajar sekarang sudah tau kan apa yg disebut sebagai makanan tradisional.

Lalu, mari cari tahu, apa saja makanan tradisional/khas di masing2 daerah di indonesia yg multikultural ini.

1⃣Rujak Cingur
Tentunya makanan tradisional ini tak asing didengar apalagi bagi penduduk Surabaya. Yah..makanan rujak cingur ini memang merupakan makanan khas dari kota Surabaya. Rujak Cingur merupakan campuran dari beberapa kikil yang diambil pada bagian tertentu pada sapi kemudian diberi sambal petis beserta kacang tanah. Tak ketinggalan beberapa sayuran dan sajian penutup berupa kerupuk menjadi pelengkap pada rujak cingur. Rujak cingur tak perlu lagi kita mencari di daerah asalnya karena kini makanan tersebut sudah ada di beberapa tempat di Indonesia meskipun rasa dan aromanya masih baik dari yang asli daerahnya. Tentunya mengenai rasa sungguh lezat dan gurih.

2⃣Horok-Horok
Pernahkah Anda mendengar makanan tradisional yang satu ini ? Yah, horok-horok ini merupakan makanan tradisional yang berupa makanan ringan khas yang berasal dari kota Jepara, Daerah Istimewa Yogyakarta. Makanan ini memanglah jarang dijumpai di daerah lain. Makanan tradisional ini berbahan dasar tepung dan bahan tepung tersebut berasal dari pohon aren. Biasanya dihidangkan sebagai lauk.

3⃣Sate Bulayak
Sate Bulayak merupakan makanan tradisional dari kota Nusa Tenggara Barat yang disajikan dengan lontong dengan bungkusan daun aren beserta tambahan sambal yang sekiranya agak mirip dengan bumbu kari. Makanan khas dari kota NTB ini menggunakan daging sapi serta jeroannya.. Sate bulayak ini sangatlah lezat dan gurih. Sungguh nikmat jika sate ini dicocol dengan sambal kacangnya.
Sate bulayak berbahan dasar daging sapi beserta jeroannya dan dihidangkan pula dengan lontong yang terbungkus daun aren

4⃣Papeda
Mungkin makanan tradisional ini pernah Anda mendengarnya. Makanan yang agak kenyal dan terbuat dari bahan dasar sagu. Yah, makanan ini adalah papeda yang merupakan makanan pokok dari kota Maluku dan Papua. Sedangkan untuk cara penyajian makanan ini disertai kuah kuning dan dalam kuah tersebut terdapat beberapa jenis ikan misalnya saja ikan tongkol serta kuah papeda ini diberikan bumbu rempah seperti kunyit dan sedikit perasan jeruk nipis. Nah, dilihat bentuk dan aroma pastinya sangat enak apalagi diberikan sedikit sambal kacang yang pedas. Papeda sudah banyak yang berinovasi. Terkadang disantap dengan memakai sambal terasi ataupun dicampur dengan sedikit asam belimbing pada kuah kuningnya.

5⃣Tempoyak
Siapa yang tak suka dengan buah durian ? Tentunya sebagian besar orang sangat menyukai buah durian. Yah, bagi Anda penggemar durian pastilah telah mengenal makanan tradisional yang satu ini. Namanya adalah tempoyak yang merupakan makanan tradisional dari kota Sumatera, terutama pada daerah Jambi, Lampung, dan Palembang. Makanan ini ialah hasil fermentasi dari buah durian. Biasanya tempoyak disajikan sebagai lauk, dicampur dengan pepes ikan maupun pada pindang ikan. Tak ketinggalan ditambahkan sedikit sambal sehingga rasa asam dari tempoyak akan membuat Anda merasa nambah lagi dan ketagihan.

6⃣ Es Pisang Ijo
Melihat warnanya sudah pasti berwarna hijau bukan ?. Yah, makanan tradisional ini merupakan makanan khas dari kota Makassar, Sulawesi Selatan. Es pisang ijo terbuat dari bahan dasar pisang raja yang agak matang lalu dibalut dengan tepung beras yang diberikan sedikit pewarna hijau. Sedangkan untuk kuahnya pun disebut sebagai bubur sumsum atau bubur kental yang berasal dari tepung beras juga dan dicampur santal segar. Makanan ini paling enak ditambahkan sedikit sirup merah, susu kental manis serta disantap dengan es batu. Sangatlah cocok dan menyegarkan jika Anda memakannya saat cuaca panas

Itulah tadi beberapa jenis makanan tradisional di Indonesia. Namun ternyata masih banyak makanan yang enak dan gurih untuk setiap daerah yang ada di Indonesia. Ini sebagai tanda bahwa salah satu kultur dari negara kita yang kini tak bisa dilupakan ialah makanan tradisional dari setiap daerah yang masing-masing terdapat di setiap daerah Indonesia.

Sumber

Makanan Tradisional Di Indonesia

Tim Tema Diskusi Harian HSMN Pusat
HSMN.Timtemadiskusi@gmail.com

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🔅🔆🔅🔆hsmn🔆🔅🔆🔅
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
👥facebook.com/hsmuslimnusantara
👥FB: HSMuslimNusantara Pusat
📷 instagram: @hsmuslimnusantara
🐤 twitter: @hs_muslim_n
🌐 web:
hsmuslimnusantara.org

🍧🍧🍧🍧🍧🍧🍧🍧🍧

Waaah asyik ya! Ternyata bukan hanya pempek di palembang dan coto makassar ya kawan makanan khas di indonesia.

Maukah kalian membuat masakan tradisional yang mudah untuk ayah bunda?

Kita akan membuat getuk adik2. Ini adalah panganan khas dari jawa tengah dan jawa timur. Ada dua cara untuk melakukannya.

Kita hanya butuh singkong kukus dan beberapa bahan tambahan. Ikuti caranya ya

1⃣Getuk.
Bahan :
Singkong kukus
Gula merah/gula jawa
Kelapa parut
Cara :
Tumbuk halus singkong kukus
pada waktu suhu masih panas ditaburi potongan-potongan kecil gula jawa sehingga berwarna coklat tidak merata tumbukan getuk ini bentuknya kasar.

2⃣Getuk lindri
Bahan
Singkong kukus
Gula pasir
Vanilli
Garam
Pewarna makanan
Taburan kelapa parut

Cara
singkong kukus digiling halus dengan gula pasir,
dibubuhi pewarna makanan dan vanili
setelah itu dicetak sesuai keinginan. Taburi dgn parutan kelapa

Yummy..mudah kan.
Coba di rumah yaa..

Sumber :
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Getuk

🍧🍧🍧🍧🍧🍧🍧🍧🍧

Format
Dokumentasi Pembelajaran

🍄Grup HSMN:
🍄Nama:
🍄Tema:
🍄Tujuan pembelajaran
🍄Usia anak:
🍄Bahan:
🍄Cara membuat&prosesnya:

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *