Browse By

Allah Maha Melihat, ya, Nak!

Bismillahirrahmanirrahim..

Bunda-bunda pembelajar sejati sekalian, hari ini awal pekan, al-Ithnayn, 2 Rabiul Awal 1437 H (Senin 14 Desember 2015)….

Di nikmat pagi yang indah dan sejuk, kita akan membahas tentang:

โ—โ— Allah Maha Melihat Ya, Nak โ—โ—

Berikut kita simak artikel terkaitnya….

๐Ÿ‘“๐Ÿ‘“๐Ÿ‘“๐Ÿ‘“๐Ÿ‘“๐Ÿ‘“๐Ÿ‘“๐Ÿ‘“๐Ÿ‘“

Menanamkan Muraqabah Dalam Diri Anak

Takut kepada Allah merupakan sifat terpuji dalam pribadi seorang muslim. Dengan sifat ini, tindak tanduk dan perbuatan seorang mukmin akan selalu terkontrol dan terkendali. Perbuatannya akan terjaga dari nista dan dosa, baik ketika sendirian ataupun bersama banyak orang. Karena dia merasa bahwa ada Dzat yang selalu mengawasi dirinya.

Alangkah indahnya bila kita memiliki anak dengan sifat semacam ini. Paling tidak, orang tua akan sedikit terkurangi bebannya dalam mengawasi perilaku anak-anaknya. Sehingga banyak waktu berkonsentrasi dengan kegiatan pendidikan atau rumah tangga yang lainnya.

Dalam urusan mendidik anak, nama Luqman akan selalu melekat dalam benak seorang mukmin, baik bagi para orang tua atau pendidik anak secara umum. Allah mengabadikan nama Luqman dalam Al Qurโ€™an sebagai bentuk penghormatan kepada pribadi beliau dalam mengajarkan nilai โ€“ nilai tauhid kepada anaknya, sekaligus menjadikannya sebagai contoh bagi orang yang beriman dalam hal mendidik anak mengenal Allah.

Banyak sekali ibroh/pelajaran yang dapat kita ambil ketika kita membaca ayat demi ayat dalam surat Luqman. diantaranya, Luqman dengan tegas memberikan nasehat kepada putranya,

ูŠุง ุจูู†ูŽูŠู‘ูŽ ุฅูู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ุฅูู†ู’ ุชูŽูƒู ู…ูุซู’ู‚ูŽุงู„ูŽ ุญูŽุจู‘ูŽุฉู ู…ูู†ู’ ุฎูŽุฑู’ุฏูŽู„ู ููŽุชูŽูƒูู†ู’ ูููŠ ุตูŽุฎู’ุฑูŽุฉู ุฃูŽูˆู’ ูููŠ ุงู„ุณู‘ูŽู…ูŽุงูˆูŽุงุชู ุฃูŽูˆู’ ูููŠ ุงู„ุฃุฑู’ุถู ูŠูŽุฃู’ุชู ุจูู‡ูŽุง ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ู„ูŽุทููŠููŒ ุฎูŽุจููŠุฑูŒ

โ€œWahai anakku! Sungguh jika ada perbuatan yang seberat biji sawi pun, dan berada dalam batu, dilangit atau dibumi, maka Allah S.W.T akan memberinya balasan, sesungguhnya Allah maha halus maha telitiโ€. (QS Luqman : 16 )

Luqman menegaskan, bahwa kebaikan beratnya hanya seberat biji sawipun akan ditimbang. Sebaliknya, keburukan sekecil apapun pasti akan dibalas pula sesuai apa yang ia kerjakan, walupun beratnya hanya seberat biji sawi. Anak yang mengenal Rabbnya, akan selalu berusaha menjaga setiap perbuatan yang ia lakukan. Hal itu dikarenakan setiapa amalan, baik ataupun buruk, semua akan ada balasannya.

Ayat di atas juga mengisyaratkan kepada kita bahwa Allah maha mengetahui dengan apa yang kita perbuat, baik amalan yang besar maupun amalan yang kecil. Sifat semacam ini dinamakan muroqobah, merasa selalu dilihat dan diawasi oleh Allah. Anak yang dalam dirinya tertanam sifat muroqobah tentu akan membuat bahagia orang tuanya, karena orang tua tidak perlu memusatkan perhatian kepada si anak. Cukup mengontrol sesekali dari aktivitas yang dilakukakn anak.

Saat ini, bukan perkara yang mudah untuk menanamkan sifat muroqobah dalam diri anak. Terlebih kondisi lingkungan yang terkadang kurang mendukung untuk menanamkan sifat ini dalam diri anak. Diperlukan usaha yang sungguh-sungguh dari para orang tua.

ใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐ
Beberapa tips di bawah ini mungkin bisa membantu para orang tua :

1โƒฃMemahamkan kepada anak bahwa Allah Subhanahu wataโ€™ala maha mengetahui semua perbuatan makhluq-Nya.

Diawali dengan mengenalkan Asmaul Husna, nama-nama allah yang baik sekaligus mengandung sifat-sifat Allah yang maha terpuji. Orang tua harus berusaha memahamkan satu demi satu nama dan sifat Allah. Di antara nama Allah adalah โ€˜Aliimun ( Allah maha mengetahui), mengetahui semua perbuatan yang dilakukan makhluq ciptaa Nya. Selain itu, semakin anak memahami sifat Allah maka akan semakin kuat aqidah tertanam dalam dirinya.

2โƒฃ Memberi pemahaman kepada anak tentang suatu perbuatan dan akibatnya.

Semua perbuatan yang dilakukan manusia akan ada balasannya, perbuatan baik dan buruknya. Para orang tua harus menjelaskan tentang bahaya perbuatan maksiat yaitu dosa dan siksa, sementara orang yang berbuat akan mendapatkan pahala dan surga.

3โƒฃ Memberikan contoh dari kisah para orang sholih terdahulu yang mengajarkan muroqobah. Banyak kisah yang bisa orang tua sampaikan kepada anak, seperti penjual susu yang tidak mau mencampur dengan air karena takut kepada Allah atau penggembala yang tidak mau menjual dombanya karena merasa diawasi oleh Allah.

4โƒฃ Memberi tauladan perbuatan nyata.

Jangan sampai apa yang disampaikan orang tua bertolak belakang dengan perbuatannya. Karena anak akan selalu melihat dan meniru perilaku orang dekat dan orang tua adalah orang orang yag terdekat dengan anak.

5โƒฃ Sesekali menguji sifat muroqobah anak.

Dengan cara menaruh barang/makanan yang memungkinkan anak untuk mengambilnya.Hal ini bukan berarti memberi kesempatan anak untuk melanggar, tetapi untuk meyakinkan orang tua bahwa sifat muroqobah sudah tertanam dalam sanubari anak.

ใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐ
Biasanya , anak belum memahami langsung apa yang disampaikan orang tua. Maka sebisa mungkin orang tua menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami dalam mendidik anak. Semoga dengan cara pendidikan dan pembiasaan tersebut dan selalu dilatih, dilatih, dan dilatih, maka proses untuk menjadi anak yang takut akan pengawasan Allah akan terbentuk. Semoga Allah memudahkan usaha kita dalam mendidik anak yang sholih dan sholihah. Amiin

(Roy Abdullah)

๐Ÿ‘“๐Ÿ‘“๐Ÿ‘“๐Ÿ‘“๐Ÿ‘“๐Ÿ‘“๐Ÿ‘“๐Ÿ‘“๐Ÿ‘“

ditulis ulang dengan modifikasi oleh

Tim tema diskusi harian HSMN Pusat

hsmn.timtemadiskusi@gmail.com

Sumber:
www.ydsui.com/index.phpโ€ฆ

Catatan:
Referensi tambahan utk bahan bacaan mengenai Allah Maha Melihat dapat diunduh dialamat berikut:
https://shirotholmustaqim.wordpress.com/โ€ฆ/makna-al-bashir-โ€ฆ/
ใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐ
๐Ÿ”…๐Ÿ”†๐Ÿ”…๐Ÿ”†hsmn๐Ÿ”†๐Ÿ”…๐Ÿ”†๐Ÿ”…
ใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐ
๐Ÿ‘ฅfacebook.com/hsmuslimnusantara
๐Ÿ‘ฅFB: HSMuslimNusantara pusat
๐Ÿ“ท instagram: @hsmuslimnusantara
๐Ÿค twitter: @hs_muslim_n
๐ŸŒ web: hsmuslimnusantara.org
๐ŸŒน๐ŸŒน๐ŸŒน๐ŸŒน๐ŸŒน๐ŸŒน๐ŸŒน๐ŸŒน๐ŸŒน๐ŸŒน๐ŸŒน

Nah, sudah….

Harapan kami, semoga artikelnya relevan dan tipsnya pun cukup aplikatif ya, bun…Aaamiiin…

Yuk kita lengkapi dengan diskusi dan berbagi pengalaman kita masing-masing dengan jundi-jundi kita…

Mari menebar ilmu dan
hikmah yang telah Alloh beri…

Salam,
Tim Tema Diskusi Harian HSMN Pusat
hsmn.timtemadiskusi@gmail.com

โ›บโ›บโ›บโ›บโ›บโ›บโ›บโ›บโ›บโ›บ

HOT NEWS

…KeMisTri…

Alhamdulillah… yang daftar jadi peserta membludak!!!

Udah jadi sponsor, belum? Ayooo…. buruaaan…. keburu kehabisan…

Jangan lewatkan kesempatan baik ini…

+62 812-2257-688, +62 856-2261-242

โ›บโ›บโ›บโ›บโ›บโ›บโ›บโ›บโ›บโ›บ
http://hsmuslimnusantara.org

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *