Browse By

Kisah Nabi Sulaiman

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

Assalamualaikum ummahat shalihat..
Hari ini tema bebas ya, silahkan berdiskusi yang sehat dan bermanfaat. Seperti biasa, mari kita buka Alquran dan sedikit mereview kisah nabi di dalamnya. Kali ini, ayat-ayat yang menceritakan tentang nabi Sulaiman a.s (qs. An naml 15-19)

📖📖📖📖📖📖📖📖📖📖

وَلَـقَدْ اٰتَيْنَا دَاوٗدَ وَ سُلَيْمٰنَ عِلْمًا‌ ۚ وَقَالَا الْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِىْ فَضَّلَنَا عَلٰى كَثِيْرٍ مِّنْ عِبَادِهِ الْمُؤْمِنِيْنَ
“Dan sesungguhnya Kami telah memberi ilmu kepada Daud dan Sulaiman; dan keduanya mengucapkan: “Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari kebanyakan hamba-hambanya yang beriman”.”
[QS. An-Naml: Ayat 15]

Tafsir :
Allah SWT mengabarkan tentang nikmat yg diberikan kepada dua orang hamba dan nabiNya yaitu Dawud dan putranya, Sulaiman. Lalu keduanya memuji Allah karenanya. Nikmat manakah yg lebih utama dibandingkan dengan apa yg diberikan kepada Dawud dan Sulaiman a.s.

وَوَرِثَ سُلَيْمٰنُ دَاوٗدَ‌ وَقَالَ يٰۤاَيُّهَا النَّاسُ عُلِّمْنَا مَنْطِقَ الطَّيْرِ وَاُوْتِيْنَا مِنْ كُلِّ شَىْءٍؕ‌ اِنَّ هٰذَا لَهُوَ الْفَضْلُ الْمُبِيْنُ
“Dan Sulaiman telah mewarisi Daud, dan dia berkata: “Hai Manusia, kami telah diberi pengertian tentang suara burung dan kami diberi segala sesuatu. Sesungguhnya (semua) ini benar-benar suatu kurnia yang nyata”.”
[QS. An-Naml: Ayat 16]

Tafsir :
“Dan Sulaiman telah mewarisi Daud” yaitu dalam kerajaan dan kenabian. Yang dimaksud bukanlah warisan harta. Seandainya yg dimaksud adalah warisan harta, niscaya warisan tsb tidak hanya dikhususkan bagi Sulaiman saja dan tidak diberikan kepada anak2nya yg lain. Karena, Dawud sendiri memiliki 100 istri. Akan tetapi warisan yg dimaksud adalah warisan kerajaan dam kenabian. Karena para nabi tidak mewariskan harta, sebagaimana yg telah dikabarkan Rasulullah SAW dalam sabdanya: “Kami golongan para Nabi tidak mewariskan harta. Apa saja yg kami tinggalkan adalah menjadi harta shodaqoh” (muttafaq’alaih)

Sulaiman berkata: “Hai Manusia, kami telah diberi pengertian tentang suara burung dan kami diberi segala sesuatu”
Sulaiman mengabarkan tentang nikmat2 Allah yg diberikan kepadanya berupa kerajaan yg lengkap dan kedudukan yg terhormat dapat menguasai manusia, jin dan burung. Disamping itu, dia pun menguasai bahasa burung dan hewan. Hal trsebut adalah sesuatu yg belum pernah diberikan kepada seorang manusia pun sepanjang yg kita ketahui melalui berita yg disampaikan Allah dan RasulNya. Akan tetapi Allah telah mengajarkan Sulaiman tentang dialog burung yg terbang di udara dan ucapan2 hewan sesuai perbedaan jenisnya.

Allah berfirman:

وَحُشِرَ لِسُلَيْمٰنَ جُنُوْدُهٗ مِنَ الْجِنِّ وَالْاِنْسِ وَالطَّيْرِ فَهُمْ يُوْزَعُوْنَ
“Dan dihimpunkan untuk Sulaiman tentaranya dari jin, manusia dan burung lalu mereka itu diatur dengan tertib (dalam barisan).”
[QS. An-Naml: Ayat 17]

Tafsir :
Yakni dihimpunkan untuk Sulaiman berupa bala tentaranya yg terdiri dari jin, manusia dan burung. Artinya Sulaiman mengendarai mereka dengan penuh kebesaran. Serta ada pula diantara mereka yg menjadi pendampingnya. Sedangkan jin dan orang3 yg sesudah mereka berada di dalam satu barisan. Burung berada di atasnya. Jika udara panas, maka burung2 itu menaunginya dengan sayap2nya. Firman Allahفَهُمْ يُوْزَعُوْنَ
“Lalu mereka diatur dengan tertib” yaitu posisi yg pertama ditata dengan posisi yg lain, agar tidak ada satupun yg keluar dari tempatnya yg teratur. Mujahid berkata: “setiap golongan memiliki komandan yg dijadikan rujukan satu dengan yg lainnya seperti yg dilakukan oleh raja2 saat ini, agar tidak saling mendahului”

حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوْا عَلٰى وَادِ النَّمْلِۙ قَالَتْ نَمْلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمْلُ ادْخُلُوْا مَسٰكِنَكُمْ‌ۚ لَا يَحْطِمَنَّكُمْ سُلَيْمٰنُ وَجُنُوْدُهٗۙ وَهُمْ لَا يَشْعُرُوْنَ
“Hingga apabila mereka sampai di lembah semut berkatalah seekor semut: Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari”;”
[QS. An-Naml: Ayat 18]

Tafsir :
Semut itu takut jika semut2 lain terinjak oleh telapak-telapak kaki kuda. Maka ia memerintahkan mereka untuk masuk ke dalam sarang-sarang mereka. Hal trsebut telah dipahami oleh Sulaiman a.s.

فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنْ قَوْلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوْزِعْنِىْۤ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِىْۤ اَنْعَمْتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَالِحًـا تَرْضٰٮهُ وَاَدْخِلْنِىْ بِرَحْمَتِكَ فِىْ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيْنَ
“maka dia tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa: “Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh”.”
[QS. An-Naml: Ayat 19]

Tafsir :
Maksudnya, nabi Sulaiman memahami perkataannya (semut) dan dia tersenyum karenanya. Ini adalah sesuatu yg sangat agung sekali. Lalu Sulaiman a.s berdoa :
Yaitu berilah ilham kepadaku untuk mensyukuri nikmat yang Engkau telah limpahkan kepadaku dengan mengajariku pembicaraan burung-burung dan hewan-hewan serta nikmat yang Engkau limpahkan kepada kedua orangtuaku dengan berislam dan beriman kepadaMu. Jika Engkau wafatkan aku, maka kumpulkan lah aku dengan hamba-hamba yang saleh serta tempatkanlah aku pada keududukan yang tinggi bersama wali-waliMu. Wallahu’alam.

Sumber

AlQuran dan Tafsir Ibnu katsir

Tim Tema Diskusi Harian HSMN Pusat

HSMN.Timtemadiskusi@gmail.com

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🔅🔆🔅🔆hsmn🔆🔅🔆🔅
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
👥facebook.com/hsmuslimnusantara
👥FB: HSMuslimNusantara Pusat
📷 instagram: @hsmuslimnusantara
🐤 twitter: @hs_muslim_n
🌐 web:
hsmuslimnusantara.org

📖📖📖📖📖📖📖📖📖📖

Demikian ummahat..
Sampaikan sepenggal kisah keutamaan nabi Sulaiman a.s. ini kepada putra putri kita. Langsung dari Alquran.

Selamat pagi, selamat berbagi hikmah.

🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *