Browse By

MENGENAL SIFAT ZAT

🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹

Bismillahirrohmaanirrohiim

Bunda-bunda solihah…sekarang hari Jumat, hari yang penuh berkah dan penuh….laporan kegiatan HS dari ananda kita tercinta…😍😘

Sebagai bahan ide, kami tim tema ingin menyajikan topik mengenai:

🎈🎈Mengenal Sifat Zat🎈🎈

sebagai sumber inspirasi yang tentu dapat bunda dan ananda kembangkan untuk menjadi kegiatan yang seru dan penuh kreativitas. 🎉

Sebelum memulai aktivitas, mari bersama ananda kita simak ayat mengenai keagungan Allah Maha Pencipta berikut ini :

(فَاطِرُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ جَعَلَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا وَمِنَ الْأَنْعَامِ أَزْوَاجًا ۖ يَذْرَؤُكُمْ فِيهِ ۚ لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ ۖ وَهُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ)
[Surat Ash-Shura 11]

(Dia) Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu dari jenis kamu sendiri pasangan-pasangan dan dari jenis binatang ternak pasangan-pasangan (pula), dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dialah yang Maha Mendengar dan Melihat.

MaasyaAllah…

Dan bunda, berikut sekelumit artikel mengenai sifat zat :

🎓🎓🎓🎓🎓🎓🎓🎓🎓

Sifat-Sifat Benda Padat, Cair, Gas dan Contohnya

Benda-benda di alam semesta ini dibagi menjadi tiga jenis, yaitu benda padat, benda cair, dan benda gas.

Selain sifat asal, benda juga dapat mengalami perubahan wujud, misalnya:
es krim mudah sekali mencair, apalagi jika berada di bawah terik matahari. Saat masih mengeras, es krim merupakan benda padat. Akan tetapi, ketika kena panas, es krim berubah menjadi benda cair. Jika es krim cair itu didinginkan, maka es krim akan mengeras kembali. Perubahan pada benda misalnya dari benda padat menjadi cair dan sebaliknya, disebut juga perubahan wujud.

Sifat-Sifat Benda Padat, Cair, Gas dan Contoh

1. Sifat-Sifat Benda Padat

• Bentuk benda padat tidak dipengaruhi wadahnya. Dalam kehidupan sehari-hari, kamu sering menyaksikan bentuk benda padat berubah. Padahal yang sesungguhnya bentuk benda padat itu tidak mengikuti bentuk wadahnya. Benda padat tidak berubah bentuk jika hanya berpindah tempat. Misalnya saja, kacang goreng yang ada di piring. Demikian juga pensil, penghapus, dan plastisin tidak berubah bentuk jika dimasukkan ke kotak pensil.

• Bentuk benda padat dapat diubah. Piring yang jatuh berserakan, kertas sobek, dan kacang tanah yang hancur setelah digerus, adalah contoh dari benda padat yang diubah. Contoh lainnya adalah plastisin, bentuk dari plastisin ini mudah sekali berubah. Perlakuan tertentu yang dilakukan oleh manusia pada berbagai benda padat itu disebut juga dengan gaya.

2. Sifat-Sifat Benda Cair

• Bentuk benda cair mengikuti bentuk wadahnya. Bentuk minyak goreng dalam botol berubah jika dituang ke penggorengan. Demikian pula dengan air yang dituang ke botol, bentuk air seperti bentuk botol. Hal itu berarti bahwa bentuk benda cair mengikuti bentuk wadahnya.

• Bentuk permukaan benda cair yang tenang selalu datar. Bentuk permukaan benda cair yang tenang berbeda dengan bentuk cair yang bergejolak, Hal itu terlihat pada wadah yang tembus pandang, walaupun wadahnya dimiringkan, permukaan benda cair yang tenang tetap datar. Bagaimanapun cara kamu memiringkannya, permukaan benda cair yang tenang selalu datar.

• Benda cair mengalir ke tempat rendah. Hal ini dapat dilihat pada aliran air/selokan yang ada di rumahmu atau bahkan meungkin pada air terjun yang mengalir deras dan jatuh melalui tebing yang curam. Air terjun memberikan pemandangan yang menakjubkan.

• Benda cair menekan ke segala arah. Air mempunyai tekanan. Semakin rendah tekanan air pada tempat itu maka semakin besar. Hal itu dapat dibuktikan dengan membuat air menjadi memancar. Pacaran air dari tempat lebih rendah tampak lebih jauh. Itulah sebabnya tembok dalam bendungan dibuat makin ke bawah makin tebal, hal ini untuk menahan tekanan air yang makin besar di bagian bawah.

• Benda cair meresap melalui celah-celah kecil. Berbagai peristiwa meresapnya benda cair melalui celah-celah kecil terjadi dalam kehidupan sehari-hari itu disebut kapilaritas. Misalnya : minyak tanah meresap pada sumbu kompor atau sumbu lampu tempel.

3. Sifat-Sifat Benda Gas

• Benda gas mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya. Saat kita meniup balon, kita memasukkan udara ke dalam balon. Semakin kuat kita meniupnya, maka semakin banyak udara yang kita masukkan ke dalam balon. Akibat tiupan itu, balon mengembang. Udara mengisi seluruh ruang dalam balon. Hal ini berarti benda gas mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya.

• Benda gas menekan ke segala arah. Balon dan kantong plastik mengembang ke seluruh bagian jika ditiup. Hal ini menunjukkan bahwa udara menekan ke segala arah.

• Benda gas terdapat di segala tempat. Benda gas yang selalu ada di sekitar kita adalah udara. Di semua tempat ada udara. Bahkan wadah yang terlihat kosong pun ternyata berisi udara.

Sumber:
googleweblight.com/?lite_url=http://ruanasagita.blogspot.com/2014/08/sifat-sifat-benda-padat-cair-gas.html?m%3D1&ei=n1kKPSt2&lc=en-ID&s=1&m=932&ts=1449174871&sig=ALL1Aj6vRAOcjA92FmJkDxCQx4BPHDUR2Q

🎓🎓🎓🎓🎓🎓🎓🎓🎓
Tim Tema Diskusi Harian HSMN Pusat
hsmn.timtemadiskusi@gmail.com

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🔅🔆🔅🔆hsmn🔆🔅🔆🔅
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
👥facebook.com/hsmuslimnusantara
👥FB: HSMuslimNusantara pusat
📷 instagram: @hsmuslimnusantara
🐤 twitter: @hs_muslim_n
🌐 web: hsmuslimnusantara.org

🎀🎀🎀🎀🎀🎀🎀🎀🎀
Bagaimana bunda, sudah terkumpul ide ide untuk berkegiatan dengan ananda hari ini? Sebagai tambahan referensi, kami sertakan eksperimen
proses kapilaritas yaitu dengan:

1. mengambil selembar tissue
2. menunjukkan seperti apa pori-pori tissue
3. menyiapkan air berwarna lalu meneteskannya ke lembaran tissue
4. melihat gaya rambat air di pori-pori tissue
5. menunjukkan bahwa itulah yang disebut kapilaritas

Mudah kan?

Sok atuuuh eksekusi, jangan lupa dokumentasinya yaaa….dan kirim ke kami dgn format yang tersedia.

Mari menebar ilmu dan hikmah yang telah Alloh beri…

http://www.warnawarnikami.com/2013/07/kapilaritas.html?m=1
⛺⛺⛺⛺⛺⛺⛺⛺⛺⛺⛺
KeMisTri
HOT NEWS

Alhamdulillah… udah 75% keisi kuotanya…. buruan jadi, sponsor!!!! mulai dari 300k saja!!!

+62 812-2257-688, +62 856-2261-242

Pendaftaran

KEMAH KELUARGA MUSLIM NYANTRI


⛺⛺⛺⛺⛺⛺⛺⛺⛺⛺⛺

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *