Browse By

Etika Bergaul dalam Islam

Ummahat, assalaamu’alaikum. Bagaimana kabar iman ummahat hari ini? Semoga selalu Allah beri kekuatan untuk menjalani hari-hari terbaik.

Pada hari rabu, 13 April 2016 ini kita akan bersama berdiskusi mengenai etika bergaul dalam Islam.

Hal ini penting untuk kita ketahui, karena jika keliru, akan mengakibatkan munculnya penyakit dalam hati kita. Ya, kesalahan dalam bergaul merupakan satu dari empat racun hati yang disebutkan dalam buku Tazkiyatun Nafs.

Mari kita simak bersama tulisan berikut.

🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻

Banyak teman adalah suatu hal yang positif jika membawa kebaikan. Tetapi dalam bergaul ini hendaknya kita mampu untuk membedakan macam karakter manusia sehingga tidak berbalik membawa bencana pada akhlaq maupun aqidah.

secara berlebihan akan membawa kerugian di dunia dan akhirat. Apabila tata cara dan tata krama dalam pergaulan tidak diperhatikan lagi, maka ia akan dapat menuai berbagai permusuhan. Di dalamnya akan tersimpan berbagai penyakit berbahaya yang jika dibiarkan maka ia akan dapat mematikan pada suatu saat.
Dalam bergaul, hendaknya kita dapat mengklasifikasi manusia menjadi empat kriteria. Ketidakmampuan kita dalam membedakan masing-masing kriteria dapat membawa kepada kerugian di dunia dan akhirat.

Allah berfirman,
“Dan (ingatlah) hari (ketika itu) orang yang zhalim menggigit dua tangannya, seraya berkata, “Aduhai kiranya (dulu) aku mengambil jalan bersama-sama Rasul. Kecelakaan besarlah bagiku; kiranya aku (dulu) tidak menjadikan fulan itu teman akrab(ku).
Sesungguhnya dia telah menyesatkan aku dari Al-Qur’an, ketika Al-Qur’an itu telah datang kepadaku.” Dan adalah syetan itu tidak mau menolong manusia. (Al-Furqan: 27 – 29)

Allah berfirman pula, “Teman-teman akrab para hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain, kecuali orang-orang yang bertaqwa.” (Az-Zukhruf: 67)

Dalam bergaul, hendaknya mengklasikasikan (membagi) manusia menjadi kelompok berikut,

1. Kelompok pertama adalah orang-orang yang setia kepada Allah β€˜Azza wa Jalla, kitab-Nya, Rasul-Nya, dan seluruh kaum muslimin. Bergaul dengan mereka adalah keuntungan yang besar.

2. Kelompok yang bergaul dengan mereka diibaratkan seperti mengkonsumsi obat. Ia dibutuhkan di kala tertentu tidak berlebihan.

Mereka adalah para ahli dalam urusan mu’amalat, bisnis dan yang semisalnya.

3. Kelompok yang bergaul dengan mereka berarti mengkonsumsi bakteri atau virus-virus penyakit. Mereka adalah orang-orang yang tidak membawa keuntungan dan manfaat dunia dan akhirat.

4. Kelompok yang bergaul dengan mereka adalah kebinasaan total. Mereka ibarat bisa ular dan racun berbahaya lagi mematikan urat saraf. Jika seseorang memakannya dengan tidak sengaja, maka ia telah menelan sebuah kerugian. Mereka adalah orang-orang yang berada dalam garis depan penghalang sunnah Rasulullah Shallallahu β€˜alaihi wa sallam. Mereka senantiasa menyeru kepada kesesatan, fitnah-fitnah bathil dan berbagai syubhat yang telah mereka bungkus dengan kata-kata yang indah. Mereka tidak membawa sesuatu kecuali kesesatan dan kebinasaan.

Rasulullah bersabda, “Seseorang itu mengikuti agama sahabatnya. Maka, hendaklah kalian memperhatikan siapa sahabat kalian.” (Hadits hasan, diriwayatkan Ahmad, Abu Dawud, At-Tirmidzi. HR. Ahmad, At-Tirmidzi dan Abu Dawud dengan sanad yang hasan.)

Alangkah bahagianya, apabila kita diberi rezki oleh Allah berupa teman yang shalih. Teman yang selalu mengingatkan dan menasihati kita untuk tetap istiqamah, sehingga kita selamat dari api neraka dan masuk ke dalam surga. Itulah teman yang baik dan bermanfaat di dunia dan akhirat.

🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻

Sumber :

Tazkiyatun Nafs, Syaik Ahmad Farid, Pustaka Arafah
γ€°γ€°γ€°γ€°γ€°γ€°γ€°γ€°γ€°γ€°
πŸ”…πŸ”†πŸ”…πŸ”†hsmnπŸ”†πŸ”…πŸ”†πŸ”…
γ€°γ€°γ€°γ€°γ€°γ€°γ€°γ€°γ€°γ€°
πŸ‘₯facebook.com/hsmuslimnusantara
πŸ‘₯FB: HSMuslimNusantara Pusat
πŸ“· instagram: @hsmuslimnusantara
🐀 twitter: @hs_muslim_n
🌐 web:
hsmuslimnusantara.org

🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻

Subhaanallah ummahat, jika kita tidak cermat dalam tata cara bergaul, kita akan menuai kerugian dunia akhirat…

Sharing yuk, bagaimana pengalaman ummahat dalam bergaul selama ini. Adakah harapan, tips dan trik agar kita sekeluarga mendapatkan keselamatan dan keberkahan ketika berinteraksi dengan sesama?

🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *