Browse By

Kajian Depok “Menyusun Kurikulum Keluarga Muslim Usia 1-7 tahun”

🌸🌸🌸 Menyusun Kurikulum Keluarga Muslim Usia 1-7 tahun🌸🌸🌸

Peresume : Ratna Nila

👳🏻 Ustadz Herfi Ghulam Faizi, LC

🕌Mesjid Baitulkamal Balaikota Depok Dan kajian Walisantri Kampung Sahabat Bogor

📅 16 & 18 April 2016

Apabila berbicara tentang keluarga, ada salah satu surat di Al Qur’an yaitu QS Ali Imran berbicara ttg pendidikan imran Dan Hana untuk putrinya Maryam.

Ustadz juga membacakan QS Al jumuah ayat 2 :

هُوَ ٱلَّذِى بَعَثَ فِى ٱلْأُمِّيِّۦنَ رَسُولًا مِّنْهُمْ يَتْلُوا۟ عَلَيْهِمْ ءَايَٰتِهِۦ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ ٱلْكِتَٰبَ وَٱلْحِكْمَةَ وَإِن كَانُوا۟ مِن قَبْلُ لَفِى ضَلَٰلٍ مُّبِينٍ ﴿٢﴾

“Dialah yang mengutus seorang Rasul kepada kaum yang buta huruf dari kalangan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, menyucikan (jiwa) mereka dan mengajarkan kepada mereka Kitab dan Hikmah (Sunnah), meskipun sebelumnya, mereka benar-benar dalam kesesatan yang nyata.”

Saat tema pendidikan Allah menggunakannya kata ” Rob”artinya Yang Maha Menghidupkan”

Tambahan Dr kajian ke 2, dibacakan juga QS At Tahrim ayat 6

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Artinya :

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”(QS. 66:6)

Ali bin Abi Thalib : ajari mereka ilmu dan ajari mereka adab

Qotadah : suruhlah anak2mu utk taat pd Allah dan laranglah mereka utk bermaksiat kepadanya.

Pendidikan anak dlm islam bukan sekedar mentransisi anak dr bodoh jadi pintar, tp proses menjaga anak dari api neraka. Perintah menjaga dr api neraka sama dengan perintak menegakkan sholat dan menunaikan zakat.

Proses mendidik anak smg menjadi mihrob utk kita menuju surgaNya

Tahapan perkembangan anak kedepannya akan per 3 tahun, yaitu :

1.​Usia 1-3 tahun

2.​Usia 4-6 tahun

3.​Usia 7-9 tahun

4.​Usia 10-12 tahun

Bukan hitungan dari qur’an pendekatannya, bukan perkataan ulama, hanya saja ketika qt buka qur’an Dan hadist disana ada ayat yg bicara ttg angka usia manusia..

Angka yg disebutkan di Al Qur’an ada di QS Al Ahqof usia kematangan di usia 40 tahun

وَوَصَّيْنَا ٱلْإِنسَٰنَ بِوَٰلِدَيْهِ إِحْسَٰنًا ۖ حَمَلَتْهُ أُمُّهُۥ كُرْهًا وَوَضَعَتْهُ كُرْهًا ۖ وَحَمْلُهُۥ وَفِصَٰلُهُۥ ثَلَٰثُونَ شَهْرًا ۚ حَتَّىٰٓ إِذَا بَلَغَ أَشُدَّهُۥ وَبَلَغَ أَرْبَعِينَ سَنَةً قَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِىٓ أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ ٱلَّتِىٓ أَنْعَمْتَ عَلَىَّ وَعَلَىٰ وَٰلِدَىَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَٰلِحًا تَرْضَىٰهُ وَأَصْلِحْ لِى فِى ذُرِّيَّتِىٓ ۖ إِنِّى تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّى مِنَ ٱلْمُسْلِمِينَ ﴿١٥﴾

“Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, “Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.”” (QS.46:15)

Hamba yg soleh ketika sampai diusia 40 tahun membaca doa itu berdoa agar senantiasa bersyukur kepada Allah atas nikmat, kematangan bakti pada orangtua Dan agar bisa beramal sholeh yg diridhoi Allah

Angka disebutkan di hadist Rasul :

مُرُوا أَوْلاَدَكُمْ بِالصَّلاَةِ وَهُمْ أَبْنَاءُ سَبْعِ سِنِينَ وَاضْرِبُوهُمْ عَلَيْهَا وَهُمْ أَبْنَاءُ عَشْرِ سِنِينَ وَفَرِّقُوا بَيْنَهُمْ فِى الْمَضَاجِعِ

“Perintahkanlah anak-anak kalian untuk shalat saat berumur tujuh tahun dan pukulah mereka jika tidak shalat saat berumur sepuluh tahun, dan pisahkanlah mereka dalam tempat tidur.” (Diriwayatkan oleh Abu Dawud II/167)

Gagal pendidikan sholat di rentang usia 7-9thn mengakibatkan anak sulit melaksanakan sholat diusia 10 tahun..

Usia 7-10 tahun ada 3 tahun adalah masa tahapan pertumbuhan anak…inilah landasan yg dipakai untuk setiap 3 tahun tahap pertumbuhan anak.

Para ahli ilmu mengatakan bahwa masa fitrah yg di masa itu orangtua harus menanamkan semua nilai untuk “pondasi kepribadian” ditemukan ditahapan 6 tahun pertama berarti usia 1-3 thn dan 4-6 thn.Dan ini yg akan dibahas hari ini.

Pada setiap tahapan pertumbuhan anak yg akan dibahas adalah 3 hal berikut :

1. Kebutuhan pokok yg paling dasar yg diperlukan oleh anak diusia tersebut

2. Bahaya yg paling besar terjadi pada anak diusia tersebut (apa baha

3. Nilai2 apa saja yg kita tanamkan pada anak ditahapan usianya Dan bagaimana cara menanamkannya

Keberhasilan pendidikan anak di usia 1-6 menjadi faktor keberhasilan pendidikan anak di usia 7-10 tahun, begitupun selanjutnya sesuai bertambahnya tahapan usia.

Mendidik anak seperti membuat bangunan satu kesatuan dimulai dari pondasi dasar hingga menjadi bangunan utuh.., bukan membuat puzzle sekedar mencomot dan menempelkan ilmu..sehingga ilmu itu hanya nempel tidak membangun kepribadian anak seperti sebuah bangunan yg kokoh..!

Ilustrasi Rasul ketika mengumpamakan manusia itu seperti “bangunan”..perumpamaan orang beiman dalam CINTA kasih sayang , lemah lembut mereka seperti tubuh yg jika ada 1 yg sakit maka yg lain juga merasakan sakit…

Rasul menggambarkan manusia seperti pohon yg kokoh atau bangunan yg kokoh, Maka untuk mendidik manusia utuh qt harus memakai filosofi pohon yg utuh atau membangun bangunan..!

…..TAHAPAN USIA 1-3 TAHUN…..

Usia ini dan tahapan usia selanjutnya dalam ilmu psikologi dikenal usia emas

Namun Rasulullah menyebutnya adalah ” usia fitrah”, sehingga apapun NILAI yg nanti akan bermanfaat untuk anak di usia dewasa, meNANAMkannya adalah diusia ini..1-3 Dan 4-6 tahun

#

👉🏻APA yg dibutuhkan oleh anak diusia 1-3 tahun??

1.​Kebutuhan makanan

2.​Kebutuhan Perhatian

Kebutuhan makanan, penjelasannya :

Didalam qur’an disebut sbg usia Rodoah / usia susuan 1-2 tahun.

Usia menyusui dimana seorang wanita dianjurkan oleh qur’an jika tidak ada udzur untuk menggenapkan masa susuan anaknya selama 2 tahun secara utuh bagi mereka yg ingin menyempurnakan masa susuan…masa ini harus dijalani Dan bahkan para ulama mengatakan bahwa ” amalan utama bagi seorang ibu di 2 tahun pertama setelah melahirkan adalah menyusui..

Cat :

Dalam syariat ada ibadah yg berkaitan dg waktu, contoh jika adzan solat Jumat sudah berkumandang Maka ibadah Mulia yg dilakukan saat itu adalah bersegera menuju ke masjid..bukan bangun masjid,menyantuni fakir miskin, sodaqoh atau …knp?karena pada waktu itu adalah ibadah paling utama adalah sholat jumat. Segera pergi ke masjid…sehingga semua aktivitas terhenti,mendahulukan sholat Jumat..dia istimewa,utama,lebih utama.

Begitu juga bagi wanita ibadah yg paling utama Dan paling cepat bagi para umahat mendekatkan diri pada Allah adalah MENYUSUI ANAK.

Mengapa orang nifas tidak boleh sholat?apa hikmahnya?

Diantara hikmah besarnya ternyata Allah pun memberikan udzur alasan bagi ibu untuk meninggalkan sholat supaya full time/optimal/maximal bersama anak yg baru saja dilahirkan…

Cat :

Menurut fiqih Imam Syafei max 50 hari untuk darah nifas..lebih dari 50 hari dianggap darah haidh.

Orang yg nifas tidak sholat dan puasa supaya meluangkan waktu dengan intens dengan bayinya…di masa ini perannya besar sekali tak tergantikan.

Waktu itu akan menjadi sangat mahal (di 6 tahun pertama) Maka akan lebih baik orangtua mendampingi perkembangan anak2nya..kondisi idealnya ayah Dan ibu full mendampingi anak…saking “mahal”nya waktu ini..

Ada hasil penelitian di Suriah diusia 1-6 tahun dimana ada :

a.​Kelompok 1 – anak dari kecil sampai 5 thn diasuh oleh orangtua langsung , oleh ibunya

b.​Kelompok 2 – anak dimasukan di Yayasan pendidikan sosial (sekolah, raudhatul athfal terbaik) anak berpisah dari ibunya di usia 2-5 jam perhari

Hasilnya anak yg Dididik oleh ibunya di kelompok 1 menunjukkan “kematangan Dan ketenangan sikap lebih baik “, dibanding kan anak kelompok.2 walaupun anak itu sekolah ditempat yg terbaik…Lembaga terbaik adalah oleh ibunya walau yg ummiyah gak bisa baca,gak bisa nulis, gak kuliah ,gak sekolah…Tetap hasilnya kematangan sikap anak lebih baik di usia fitrah tersebut…MaasyaAllah…

Kebutuhan makanan usia 1-3 dominan di ASI

Obat kuat seluruh dunia jika kumpulkan untuk menandingi ASI, maka tidak akan bisa menandingi ASI. Maka ketika ibu menyusui anaknya bukan hanya sekedar memberikan ASI tapi sedang mentransfer nilai nilai pada anaknya Dan IMAN…keyakinan yg sedang dijalaninya…Oleh sebab itu kesedihan ibu berpengaruh terhadap anaknya.

Maryam tidak boleh bersedih setelah melahirkan “laa tahzani..” Karena Tuhanmu telah mengalirkan sungai kecil dibawah kakimu…dihibur oleh Allah ibu yg sedang menyusui anaknya

👉🏻Kebutuhan akan perhatian dari orangtua nya

Dr Muhammad Khoir Asya’al (beliau ambil S1 kedokteran, S2 Dan S3 ambil hadist) mengatakan “untuk anak di usia 3 tahun pertama ” sangat tidak baik jika yg mengasuhnya berganti2 orang..misal pagi dengan neneknya…sore diasuh bibinya…besok dititip tetangga..dll bergantian yg mengasuh”…Efeknya anak akan kehilangan hubungan CINTA dengan orangtuanya Dan tidak bisa direbus ketika usia ini sudah lewat..

Oleh sebab itu penting membangun hubungan CINTA yg KUAT Dan ERAT antara orangtua pada anak diusia ini…. 

Saat ini banyak anak anak di usia SMP SMA, ketika dipanggil oleh orangtuanya cenderung cuek, tidak ihtirom kepada orangtuanya/didengarkan…jika ditelusuri itu ada ketidak tepatan pola kita saat 3 thn pertama.

#

2. hal yg membahayakan pendidikan anak diusia ini?

Setelah menyusui akan ada fase Al hikam/menyapih…yg bahaya ketika menyapih ketika tidak tepat akan meruntuhkan bangunan CINTA perhatian yg telah kita kokohkan diawal..akan menjadi benci terhadap orangtua..

Hati2 pola penyapihan..harus kita siapkan..pelan2..tenang

Harus masih ada rasa CINTA, pelan2..agar anak tidak merasa terpukul…”pelukan+dekapan+elus kepalanya” wajib ada walau tidak menyusui anaknya…

#

3. Apa yg perlu qt tanamkan pada anak ditahapan ini?

Usia 1-6 tahun usia emas…jika menggukana perumpamaan Tanah sedang subur apasaja yg ditanami pasti tumbuh..Maka PERBANYAK nilai2 kebaikan

🌴ada 2 hal yg penting untuk ditanamkan di 3 tahun pertama :

1.​Al hubbu / CINTA, sehingga anak CINTA pada dirinya Dan orang disekitarnya

•​Banyak hasil penelitian para kriminal saat ditanya masa kecilnya, sebagian mereka mengaku “tidak mendapatkan CINTA Dan kasih sayang orangtuanya”

•​Diusia ini anak belum paham Dan bisa mengungkapkan…sampaikan “Ayah sayang kamu Nak…Dan dipeluk” …anka belum paham kalo orangtuanya sedang mencurahkan kasih sayang pada anak

•​Anak yg dipahami di usia ini ttg orang disekitarnya mencintainya adalah “ketika anak itu ditemani oleh orangtuanya” maka perbanyak DUDUK saja bersama anak2 …anak tidak paham diberi hadiah dll…bercanda Dan mainlah dengan anak qt…seperti Rasulullah bercanda dengan zainab anak tirinya dari Ummu Salamah..”

•​ Rasulullah bercanda dengan Husein cucunya, cucunya menaiki tubuh Rasulullah hingga kemulut..lalu Rasul mencium bibirnya berkata “Ya Allah aku mencintainya..Maka cintailah mereka”

•​JANGAN pernah mendudukan anak depan TV

2.​Al Lughoh

•​Belajar dari Dr imam syafei..Imam syafei itu ahlul bait keturunan Rasulullah.. berasal Dr suku qurays..ibunya membawa nya ke suku HUDAIL di usia 2-3 tahun terfasih bahasa arab…bahasanya paling baik..baru pada usia 6-7 thn baru dibawa ke Madinah belajar ilmu kpd imam malik…imam syafei bahasanya bagus..memiliki kecintaan kepada syair,dimanfaatkan untuk perkembangan agama Islam..”

•​Begitu pun Rasul di 5 thn pertama di bani saad Dan disana Rasulullah belajar bahasa paling fasih bersama Halimah..sampai Abu Bakar memuji ke fasihan bahasa Rasulullah..

##Maka kesimpulan ##

1. Jangan menggunakan bahasa cadel,sampaikan bahasa yg benar

2. Hindari berhubungan dengan orang yg perkataan nya TIDAk baik seperti mudah mengeluh, mencela

3.Hindari anak duduk sendirian depan TV…banyak kosakata yg tanpa disadari merusak pendidikan anak ditahapan berikutnya..anak yg terlalu sering nonton TV,ada film kartun yg sudah menggunakannya icon CINTA..Maka saat besar anak akan sulit saat diajarkan fiqih menundukan pandangan

4.Sampaikan /ajarkan kalimat inti dengan nada mulai :

1)​Bismillah untuk memulai aktivitas apapun..

2)​Alhamdulillah…setelah makan, keluar Dr KM,dll

3)​Bacaan Surat pendek dengan pola Dan irama..

4)​Putarkan murrotal Surat pendek..(lebih baik suara orangtua sendiri…!)

•​Yang qt hadapi saat ini dikarenakan masalah bahasa “kesulitan berkomunikasi” contoh pernah terjadi di zaman Nabi Musa saat beliau akan berdakwah

•​Rasulullah sejak kecil ditimpa oleh bani saad, Maka beliau mudah saat dakwah kepada umat..

•​Saat Nabi Musa berdakwah memang beliau tidak fasih berbicara maka beliau meminta kepada Allah agar dakwah ditemani Harun..

🌸🌿 Usia 4-6 tahun🌿🌸

Masih usia fitrah

👉🏻kebutuha POKOk diusia ini

Dr Muhammad Khoir Assyaal kebutuhan pokok ada 2 di usia ini adalah :

1. Kebutuhan Al Harokah /bergerak dan bermain

2. Kebutuhan Hiwwar / dialog/ngobrol

Para ahli ilmu mengatakan bahwa bahas anak diusia ini penuh gejolak dalam gerak Dan bahasa…

Usia gerak Dan bahasa

Usia ini geraknya aktif, suka meniru dengan cepat walau caranya tidak fasih..

…Main…

Main bagi anak seperti bekerja bagi orang dewasa, Maka anak yg tidak main seperti orang dewasa yg nganggur tidak bekerja..

Rasulullah menyampaikan “gerak anak berlebih diusia kecil akan menambah Kecerdasan anaknya di iusia dewasa…maka jangan dibatasi tapi diarahkan…” 

Kita harus waspada saat anak diusia ini tidak banyak bergerak.

Ibnu Sina (ahli filsafat sebagian menyebut beliau syiah, namun qt tidak mengambil aqidah tapi mengambil ilmu yg Allah berikan kpd siapapun hambanya yg mau belajar) ttg anak diusia ini :

Jika anak bangun tidur Maka sebaiknya dia istirahat sejak…biarkan tenang..kemudian dibiarkan main dengan mainannya +/- 1 jam (jangan batasi waktu main anak) …disuapi makanan ringan.. bermain dengan durasi yg lebih lama..minta istirahat…baru sarapan pagi…#penting###

DiQur’an ttg “main”…kalimat yg digunakan saudara Yusuf izin mengajak nabi Yusuf, kata2nya pada Ayahnya Nabi Yakub “izinkan kami mengajarkan Yusuf besok hari untuk senang2 Dan bermain”

Dr Khalid Ahmad A Syantut “peran rumah dalam pendidikan anak”

👉🏻 Panduan bermain :

1)​Jangan membatasi ruang gerak anak..biarkan anak lepas tidak memikirkan waktu dll

2)​Ajaklah anak keluar min 1 minggu sekali ketanah yg lapang untuk lari..puaskan kebutuhan bergerak anak..lepas.. biarkan naik pohon dll…

3)​Jangan bosan ketika anak mengajak kita mengulang 2 permainan yg sama

4)​Manfaatkan permainan2 untuk menganalisa perkembangan anak…dlm bahasa Arab ” permainan untuk mengobati akhlak anak”..contoh ketika anak perempuan diberi boneka namun bonekannya didiamkan…interaksinya tidak ada..berhubungan dengan karena kesalahan pola orangtuanya terhadapnya…anak meniru apa yg dilakukan orangtua terhadapnya…pahami perasaan anak💡perhatikan ini !!!💡

Episode Nabi bersama anak-anak-lomba lari :

Abdullah bin Abas (ketika Rasul meninggal usianya 13 thn)

Ubaidillah bin Abas (adiknya Abdullah)

Suhail bin Abas (adiknya Abdullah)

Siapa yg menang lomba lari akan diberi hadiah…

permainan yg bukan permainan….game di gadget. tidak membuat anak bergerak dan menimbulkan efek kecanduan.

👉Permainan bagi anak adalah : yg membuat bergerak dan tdk membuat candu.

Nabi saat bertemu Abu umair yg sedang bermain burung Dan lepas burungnya..Rasululah. mengucapkan salam dahulu padahal anaknya belum baligh blm wajib menjawab salam..diberikan panggilannya “Abu/panggilannya orang yg sudah menikah”..” Wahai Abu Umair apa yg dilakukan burungmu?”…hadist ini dikaji oleh imam syafei dan beliau membuat 100 instimbad masalah fiqih Dr hadist ini, terkait pendidikan orangtua pada anak.

👉🏻Kebutuhan dialog

Di Qur’an yg paling banyak dialog “ayah-anak” yaitu dialog nuh-kanaan, yaqub-anak, ibrahim-ismail, lukman-anak..dll

Usia 4-6 usia banyak gerak+ meniru…fitrah ini membantu beliau sebentar lagi “persiapan usia menuntut ilmu”

Ada Kitab dialog dengan anak “dialog dengan anak” karena CERDAS anak diusia ini..pertanyaan nya kadang tidak bisa dijawab oleh kita…harus dijawab..

👉🏻TIPS Yg perlu diperhatikan saat berdialog dengan anak :

1)​Jujur….perbanyak ilmu orangtua agar bisa menjawab pertanyaan anak..

2)​Seni dalam menjawab..jika tidak bisa menjawab,qt jawab melalui media buku..ikhtiar untuk menjawab dahaga anak thp ilmu

3)​Saat anaknya diam, Maka orangtua yg bertanya dengan pertanyaan yg terbuka dan bisa merangsang pola pikir anak

🌴Yang perlu di waspadai

Hati2 karena anak akan banyak meniru/taklid/ikut ikutan apa yg dia LIHAT Dan DENGAR… 

Dr musyofa abu saad dalam bukunya “anak2 yg bandel yg suka rewel “…beliau mengatakan “yg memprogram anak adalah orangtuanya.”..karena anak akan meniru apa yg diucapkan Dan sikap yg dilakukan..”✅✅anak menangkap sekecil apapun gerak gerik orangtuanya.

Abdullah bin amir saat dipanggil oleh ibunya..saat ibu menjanjikan sesuatu Maka Rasul berkata berikanlah…jangan berbohong!

Abdurahman bin Abi bakrah selalu mendengar ayahnya berdoa dzikir pagi petang “Allahuma afini fi badani…” Anaknya bertanya…”kenapa membaca itu ?jawabnya “karena aku ingin menghidupkan sunah nabi” jawab beliau kepada anaknya yg masih kecil

Rasulullah didalam rumah melakukan apa yg dilakukan istrinya, kecuali saat waktunya shalat langsung meninggalkan Dan pergi ke mesjid seakan2 tidak saling mengenal karena sibuk mempersiapkan shalat tepat pada waktunya…”.belajar keteladanan …  ”

Pendidikan diusia ini akan berhasil jika orangtuanya juga memberikan contoh bicara Dan sikap yg baik…✅✅. 

Usia 1-6 tahun beranggapan orang paling hebat dimata anak adalah Ayah Ibunya…! 

Usia diatas ini mulai terpecah kekaguman anak dengan guru dll..

“Jika kamu ingin berhasil mendidik anakmu maka yg harus pertama diubah adalah mengubah dirimu sendiri.”

Adab-akhlak didapat oleh anak bukan dr nasihat tp dari apa yg dilihat.

👉🏻Nilai penting si usia 4-6 thn :

Hubungan baiknya dengan Qur’an. Jika anak senang Qur’an maka dia akan senang dengan kebaikan. Tanamkan cinta pada Qur’an..

Maka ajarkan : baca qur’an…tafsir…ilmu…pengamalan..hafalan..tadabur…ilmu..dll

Kisah Ibnu Katsir sholat di Syahidah Syam (al bidayah wa nihayah) diimami anak usia 6 tahun, kmdn ditanya2 ttg qiroat anak itu bs menjawab.

Pena malaikat masih diangkat ketika anak melakukan maksiat shg tdk akan menutupi ilmu.

MasyaAllah hayuk semangaaat, semoga Allah mudahkan kita semua menjadi orangtua terbaik ..Aamiin 💪🏻💪🏻

Semoga bermanfaat , selamat mencetak generasi penakluk Roma… 🙂

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

🔅🔆🔅🔆hsmn🔆🔅🔆🔅

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

👥facebook.com/hsmuslimnusantara

👥FB: HSMuslimNusantara Pusat

📷 instagram: @hsmuslimnusantara

🐤 twitter: @hs_muslim_n

🌐 web:hsmuslimnusantara.org

🚦💝🚦💝🚦💝🚦💝🚦💝🚦

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *