Browse By

Data SMOG

Data SMOG

Data SMOG adalah kotoran data yang berjejal dalam pikiran, di luar kebutuhan kita. Hal ini ditunjang oleh media dan lingkungan di luar diri kita.
Data SMOG membuat seseorang mudah kehilangan arah dan impulsif terhadap hal yang terjadi di sekelilingnya.

Kenyataan ini membuat seseorang berpikir dengan sangat dipengaruhi oleh media. Bahkan tanpa sadar hingga pemikiran dibentuk dan ditentukan oleh media. Sebegitu kuatnya media mempengaruhi, bahkan hingga tanpa sadar dituhankan oleh sebagian kita.
Merasa sudah belajar banyak hanya dengan duduk dan menggerakkan ujung jemari pada layar ponsel pintar.

Dalam situasi banjir informasi ini, bekal pengasuhan dan pendidikan anak tidak bisa hanya mengambil rujukan pada yang datang kemudian dan melupakan landasan fundamental tentang pengasuhan yang sejatinya telah diberi panduan melalui risalah nubuwwah dan tertera dalam Al-Quran dengan sedemikian jelasnya.

Kita seringkali merasa bangga dengan deretan ilmu yang konon bisa melejitkan potensi dan kapasitas sebagai orangtua hingga beberapa derajat tingginya. Tapi kita acapkali lupa, ketika Allah memberi amanah berupa keluarga dan lengkap beserta keturunan ygan menjadi konsekuensinya, Allah memberi serangkaian tools untuk menunjang amanah besar ini.

Artinya, yang pertama kali harus diperbaiki adalah driving force kita sebagai orangtua. Karena, ini yang akan menjadi navigasi ke mana pola pengasuhan dan pendidikan anak akan kita arahkan.

Jangan sampai karena kelemahan kita dalam memahami sesuatu berakibat pada disorientasi proses pendidikan ini. Sesungguhnya tugas kita sebagai orangtua bukan mengantarkan anak memiliki prestasi akademik yang menakjubkan, melainkan membimbing mereka untuk mengetahui hakikat penciptaan dirinya, mencintai penciptanya, dan mencintai ilmu sebagai bekal bagi kehidupannya.

#reborn
18 Mei 2016
Dyah Wulandhari
Kadivpen YGJ-HSMN

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *