Browse By

Belajar Calistung untuk AUD Melalui Media Sederhana bersama Dyah Wulandari

 

Kulwap Hsmn Medan
〰〰〰〰〰〰〰〰

📆 Rabu, 5 Oktober 2016
19.30 – 21.00 WIB
📱 WA Groups Hsmn Medan
📄 Belajar Calistung untuk AUD Melalui Media Sederhana
👩 Dyah Wulandhari

〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🌺Curriculum Vitae

Nama : Dyah Wulandhari
Alamat : Bandung – Jawa Barat

Status : Menikah, 3 anak
Pendidikan : S1 Informatika
Aktifitas : IRT

Motto Hidup : Isy Kariiman Aumuth Syahiidaan

〰〰〰〰〰〰〰〰〰
📋 Materi:

*Mengajarkan Calistung utk AUD dengan media sederhana*

Bismillahirrohmanirrohim.
Alhamdulillah segala puji syukur kita panjatkan kehadirat Rabb semesta alam Allah SWT, yang mana pada kesempatan ini telah memberikan kesempatan, nikmat sehat, rahmat taufik dan hidayah-Nya kepada kita semua sehingga dapat belajar lg bersama malam ini.

Sholawat serta salam semoga tetap terlimpah curahkan kepada kekasih sejati, murabbi terbaik Muhammad SAW, yang telah menunjukkan jalan yang benar kepada kita semua.

🍒 Belajar adalah suatu proses yang kompleks yang terjadi pada setiap orang sepanjang hidupnya. Proses belajar itu terjadi Karena interaksi antara seorang dengan lingkunganya. Oleh karena itu belajar dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Salah satu indikator bahwa seseorang itu telah belajar adalah adanya perubahan tingkah laku pada diri orang itu yang mungkin disebabkan oleh terjadinya perubahan pada tingkat pengetahuan, keterampilan atau sikapnya.

Dalam proses belajar mengajar kehadiran media mempunyai arti yang sangat penting, karena dalam kegiatan tersebut ketidak jelasan materi yang disampaikan dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara. Kerumitan materi yang akan disampaikan kepada anak dapat disederhanakan dengan bantuan media. Media dapat mewakili sesuatu yg abstrak menjadi konkrit.

Terutama utk Anak usia dini (hingga 11 tahun) daya nalar mereka masih terbatas sehingga membutuhkan media belajar sebagai perantara pembelajaran agar lebih mudah dipahami.

🍒 Media sederhana merupakan media yang:
1. bahan dasarnya mudah di peroleh
2. harganya murah
3. pembuatannya mudah
4. penggunaannya tidak sulit

🍒 Kelompok Media Sederhana
Kalau kita mau sedikit berkreasi ada berbagai benda yang ada di sekeliling kita yang bisa dijadikan sebagai bahan utk pembuatan media sederhana demi tercapainya tujuan pembelajaran.

🍒 Selain itu, ketika kita bersama anak-anak membuat media belajar, anak juga belajar untuk:
1. Membudayakan 3R
2. Mencintai lingkungan
3. Menghargai proses
4. Menumbuhkan semangat berkarya
5. Meningkatkan kreativitas
6. Membangun kedekatan antara anak dan orang tua

Beberapa bahan dasar yang dapat digunakan utk mengenalkan Calistung pada AUD:

1. Kardus bekas berbagai ukuran
2. Stik eskrim
3. Gelas plastik bekas
4. Cangkang terus
5. Tutup botol
6. Kertas lipat
7. Potongan majalah
8. Batu warna warni
9. batu putih

Aktivitas yg dilakukan juga harus bisa memaksimalkan semua panca indera nya, karena belajar adalah mengoptimalkan semua sensorik anak. Anak terlibat aktif dalam pembelajaran, merasakan sendiri proses belajar dengan seluruh indera nya.

〰〰〰〰〰〰〰〰〰
📝 Tanya Jawab:

1. Bunda Neny
ketika bermain bgmana cr mengajarkan menghargai proses.. krn terkadang satu kegiatan suur banget.. dan satu kegiatan lain pas proses kaboooor si kk

Jawab:
Salam kenal ya Teh 🍏
Putra putrinya usia brp Teh?

▶️ Tanggapan: kk abida 4 th


Pertama, buat anak tertarik dl sama aktivitas yg akan kita eksekusi.
Perhatikan jg ritme aktivitas nya, sulit, sedang atau mudah.
Dan bagaimana gaya belajar anak.
Kl misalnya anak lg kelebihan energi, biasanya mmg sulit diajak konsentrasi.
Kita bisa ajak utk lompat alfabet misalnya. Anak diminta lompat, kemudian kita sebut hurufnya.
Kl sudah bisa, nanti anak akan lompat sambil menyebutkan huruf.
Ini contoh aja ya 😚
Insyaaallah bunda yg lbh tau gimana cara menstimulan ananda nya.

2. Bunda Fuji
Kapan idealnya anak mulai dilibatkan dalam permainan calistung. Usia ihsaan saat ini 15bulan. Ketertarikannya masih pada gambar, apa sudah bsia diajarkan pengenalan simbol (huruf) dengan media sand letter etc?

✅ Jawab:
Sand letter, letter hunt gitu sesungguhnya melatih kesabaran *buat ibunya* hahaha
Karena anak kalap liat benda kecil banyak..yg ada malah diberantakin ke seantero ruangan 😁
Utk 15 bulan, banyak dilatih dl sensorik motoriknya Teh.
Aktivitas menggenggam, menarik, menjumput, menuang.
Melatih Koordinasi tangan dan mata.

3. Bunda Rianti
Assalamualaikum Teh Dy,.
Dari foto2 di atas, kita para bundas harus kreatif ya Teh,.
Mohon dishare referensi buat kita para bundas biar lebih kreatif Teh,….😀
Pertanyaan yg lain sudah tercover di pertanyaan Bunda Fuji. Trims Teh Dy atas jawabannya.

✅ Jawab:
Wlkmslmwrwb.
Hehe kl yg saya rasakan, inspirasi itu ternyata anak2 Teh..

Kita lihat potensi yg perlu ditumbuhkannya apa, target utama kita apa dari sana baru kita mikir bikin apa.

Juga dilihat dr ketersediaan bahan.
Utk di keluarga kami, kardus bekas itu banyaaaak bgt..

Makanya kepikiran bikin apa gt. Buku semacam panduan aktivitas gt ga banyak membantu juga sebenarnya. Yang paling utama adalah kemauan.

4. Bunda Shisca
1. Untuk pengenalan huruf teh dy prioritaskan hijaiyah dulu atau huruf latin…trus sistemnya seperti apa,apakah one day one huruf sampai selesai atau diselingi dgn materi yg lain

2. Sy pernah ikutan acara seminar SB3(satu bulan bisa baca) oleh pak M Thoha..beliau tidak memfokuskan cara baca dgn metode simbol seperti pengenalan A,B,dsb…tp kepada teknik membaca langsung(diajarkan simulasinya hari per hari)… nah gmn tanggapan teh dy thd hal ini krn bertentangan dgn pengenalan proses mengenal huruf(simbol)

✅ Jawab:
1. Untuk pengenalan huruf teh dy prioritaskan hijaiyah dulu atau huruf latin…trus sistemnya seperti apa,apakah one day one huruf sampai selesai atau diselingi dgn materi yg lain?
Sesungguhnya anak2 dapat mempelajari banyaaaak hal dalam satu periode. Insyaaallah ga masalah dikenalkan bersamaan.
Namun, jika kita memahami bahwa simbol di sekeliling kita ini kan terdiri dari huruf latin, maka mengajarkan huruf latin terlebih dulu sangat baik.
Hijaiyah bisa sambil dikenalkan jg.
Para ulama jg hingga usia 7 tahun itu rata2 bukan menulis hijaiyah, mempelajari Quran nya bukan dg membaca sendiri, melainkan di *talaqqi*, diperdengarkan berulang2.

Utk sistematika pengajaran huruf ini, boleh disesuaikan dg kesiapan anak saja mbak..
Apakah one day one huruf atau gimana.
Kl saya sendiri dikenalkan semua bersamaan.
Utk mempertajam ingatan anak, kami membuat lapbooking letter.
Anak diminta sebutkan kata yg huruf depannya sesuai dg yg sdg kita pelajari.

Ini contoh lapbook nya. Untuk P misalnya, sambil belajar ttg pisang. Bagian pohon pisang. Sambil crafting. Hal ini akan lbh membekas karena anak terlibat langsung dalam proses belajar.

Kata2 yg dipilih, disesuaikan dg jawaban anak aja. Ga usah kita rekayasa.

Dlm proses belajar seperti ini kita menghargai pendapat anak, meningkatkan kepercayaan dirinya dan sekaligus membuka wawasan berpikirnya dan mengevaluasi pembelajaran yg sdh ditempuh selama ini.

A : astronot
B : bumi
C : cacing
D : durian
E : ethiopia
F : finlandia
G : gajah
H : helikopter
Dst

Uncategorized tapi kita bantu anak mengeluarkan potensi nya

💞

5. Bunda Masyitah
Ank sy prmpuan usia hampir 4 thn . Klo beljr mau nya mngikuti keinginan dia sj shingga proses pembelajarn spt nya kurang maksimal. Sy jg tdk memaksakan, terserah dia. Apakah itu hal yg wajar untk seusia nya ???

✅ Jawab:
Pembelajaran sesungguhnya bisa dimana saja dan dalam situasi apapun. Penting bagi kita dan para pendidik utk tau bahwa rentang konsentrasi anak hanya 10-15 menit saja. Jika yg kita sebut belajar adalah harus duduk-diam-dengarkan maka kita akan acap kali terserang stress.
Padahal modalitas belajar itu ada 3:
*visual*
*Audio*
*kinestetik*

Kl kita ingin membuat anak tertarik ikut belajar, pahami modalitas belajar anak yg dominan nya.

Kl misalnya anak *visual*, maka bunda buatkan media belajar yg eye catching sehingga anak tertarik.
Kl *audio* maka bunda harus banyak membacakan buku cerita, berkisah agar anak suka belajar.
Kl modalitas belajar nya *kinestetik* tolong bunda libatkan seluruh panca indera anak secara optimal dlm proses belajar.

Coba buat ritme yg tetap dan kesepakatan agar anak mulai terbiasa dg waktu belajar dan berdisiplin.

6. Bunda Choirunnisak
Menyambung Mbak Fuji,
Jadi usia brp anak diajari calistung?
Dan apa tahapan pertama nya? Apakah pengenalan angka, lalu tambah, kurang, kali bagi, atau bagaimana?

Karena salman skrg 21m bahkan kl diajak berhitung 1-10 aja suka ga mau ikutin. Jd sama sekali blm bs sebutin angka. Apakah nanti nya akan terlambat dibanding teman2nya?

✅ Jawab:
How cute 21 mos Salman ❤
Saya termasuk yg percaya bahwa anak akan memberi sinyal tersendiri ketika masa tumbuh kembang nya harus berubah.
21 bulan itu msh kecil bgt bunda..
Bunda bisa mengenalkan bentuk, warna, tekstur atau benda2 sekeliling dl.

Belajar nya insyaaallah cepet kok..bunda akan dikejutkan dg pencapaian anak yg luar biasa.
So don’t worry yaaaa ❤

7. Bunda Mulia
Assalamu’alaikum bund, pertanyaan sy:
1. Bagaimana pendpt bunda thd metode glenn doman?
2. Kalau kita sdh berhsl membuat anak gemar mrmbaca sejak usia kurleb tiga tahun, step berikutnya sebaiknya baca buku jenis apa? apakah kita serahkan pd anak yg sesusi moodnya ato ada cara lain?
3. Untuk menjaga semangat baca anak yg sejjak dini udah bisa baca,apa yg paling baik kita lakukan?
4. Jembatan u menulis dari kegiatanbaca ini apa yg bisa kt lakukan bun? ato baca dan tulis sekali jalan?
5. Kalau anaknya sangaaat suka membaca tp maleeees bgt nulis, apa yg hrs dilakukan bun? dan saat ini udah cukup gede tp tulisannya alhamdulillah jeleeekvbetul bentuk aksaranya, apa yg bisa dan boleh dfilaskukan agar ada sedikit oerbaikan jd kita gak sebel ama bentukntulisannya? ( sering kali cuma saya yg bisa baca tulisan tangannya)
mks maaf kebanyakan yach…?

✅ Jawab:
1. Metode pembelajaran apa aja mangga dipergunakan Teh, kl prinsip saya, yg penting anak happy, Ibu happy.
Jangan jadi stress.
😊

2. Step berikutnya jika anak sdh gemar membaca, ajarkan anak utk retelling book. Ceritakan kembali isi buku, agar ananda terbiasa utk membaca bermakna, meskipun dg daya nalar dan gaya bahasa yg masih terbatas ya 🍒
Untuk jenis buku yg diberikan, suggest saya coba berikan buku yg menarik namun sarat makna.
Seperti buku rukun iman, seri adab, seri 10 sahabat yg dijamin masuk syurga, asmaul husna, hadits arbain utk anak dll.

3. Semangat membaca dijaga melalui budaya cinta ilmu.
– menghidupkan semangat membaca di keluarga
– memfasilitasi anak dg perpustakaan pribadi
– mengajak anak ke perpustakaan
– sering berdiskusi
– menyediakan buku2 yg menarik

4&5

Semakin anak sering dibacakan buku insyaaallah semakin mudah belajar baca. Karena ga mesti dieja, saking sering nya anak malah bisa baca tanpa harus di ajarkan secara khusus.

Teknik belajar menulis, baiknya bertahap dari dodling garis datar, garis lengkung, dot to dot.

Kita kasih pensil dl. Diminta menulis di atas kertas garis tiga yg jaraknya besar2.
Kita sebut garis pertama sebagai kepala, garis kedua badan, garis ketiga ekor. Lalu ajarkan mana huruf yg ditulis dr kepala-badan, badan-ekor atau kepala-badan-ekor.

〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🍏 Renungan

Teringat seorang sahabat saya yg psikolog pernah menyampaikan bahwa kecerdasan seorang anak itu ada yg bawaan dan ada yg hasil stimulan dr lingkungan.

Tapi yg harus diingat juga, bahwa kapasitas setiap anak ibarat gelas atau ember.
Kita ga tau, mereka kelompok yg mana.
Hanya, tugas kita adalah memaksimalkan usaha yg bisa kita lakukan, agar tumbuh kembang mereka optimal

〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🔆🔅🔆HSMN🔆🔅🔆
〰〰〰〰〰〰〰〰〰
👥facebook.com/HSmuslimnusantara
👥FB: HSMuslimNusantara pusat
📷 instagram: @HSmuslimnusantara
🐤 twitter: @HS_muslim_n
🌐 web: HSmuslimnusantara.org

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *