Browse By

Literasi Media, Memilah dan Memilih Media untuk Anak bersama Hani Yuniani

NOTULENSI KULWAP, 21 MARET 2017
Literacy media

BIODATA NARSUM

Nama lengkap : Hani Yuniani, M.Ikom
Nama panggilan : Hani
TTL : Jakarta, 29 Juni 1983
Status: menikah dua anak
Pendidikan: S1 jurnalistik Unpad
S2 media industri
Aktivitas saat ini : mengajar, mc,penelitian

MODERATOR: Fauziah dan Fitria
NOTULEN : Pifit


MATERI

Media literacy atau literasi media telah dipakai di negara negara maju

Sebagai kurikulum yg wajib dipelajari oleh murid sekolah dasar hingga universitas

Pada dasarnya, literasi media adalah memberikan pemahaman tentang apa dan bagaimana
Media bekerja, serta mempersiapkan pengguna media, anak anak khususnya
Agar dpt bijak menggunakan media dan kritis trhd konten atau isinya.

Sebelum lbh jauh, sy akan bagi media menjadi dua.

Media massa, yaitu media yg dpt menjangkau org dlm waktu relatif singkat Dan efeknya meluas.
Yg trmsk media massa adalah televisi, koran , majalah, radio, dsb Kemudian apa yg kita kenal saat ini sbg media sosial termasuk ke dlm new media.
New media memerlukan internet dalam mengaksesnya.
Walaupun kini, dlm perkembangannya media massa berkonvergensi menjadi new media agar
Tetap berjalan dan tdk ditinggalkan orang.
Kita masuk pd media massa terlebih dahulu, televisi khususnya.

Setiap stasiun televisi memiliki corak khasnya masing2. Walaupum Begitu, ada kesamaan umum diantara jenis tayangan itu masuk dlm klasifikasi
Informasi
Pendidikan
Hiburan
Advertorial/iklan
Program acara yg memuat pendidikan masih minim, mengingat Audience indonesia tipikal penikmat segala acara.
Jadi klaim pengelola dan pelaku industri tv bahwa mereka menyajikan Apa yg ingin ditonton, bukan apa yg seharusnya ditonton menjadi (seolah-olah) dibenarkan dan layar kaca kita menjadi sgt permisif utk segala budaya yg mencoba mempe garuhi
Cara hidup, tindak dan tutur kata pemirsanya.
Ah , ga kok, sy hanya nonton berita..

Hmm..saat ini dunia jurnalisme indonesia sedang tarik menarik kepentingan politik juga ya mams, jd kita juga ga bisa Real belief 100 persen thd isinya.
Apalagi bicara iklan. mams, penelitian di Amerika sana, Pada anak dan remaja yg sering membaca majalah Dan memonton tv khususnya lifestyle mjd tdk pede dgn tubuh mereka.
Mereka bahkan terobsesi utk memiliki tubuh spt barbie dan Berusaha diet ketat utk memperolehnya.
Media mendikte kita apa yg disebut cantik,
Putih, rambut panjang lurus, langsing, disukai byk laki2 Yg secara subliminal (pelan tapi pasti) menjadi keyakinan
Bagi para remaja perempuan kita utk menjd spt itu.
Laki laki ga kena pengaruh dong ya, ooh blm tentu..
Ganteng ganteng serigala mengajarkan lelaki sejati itu pintarcrayu merayu, jagoan itu
Di anak jalanan, laki2 hebat itu Yg punya motor dan bs kebut kebutan.
Itu semua masuk frame pemikiran mereka.
Trus nonton apa doong…

Ao mams masih ada ga tayangan yg bisa memberikan gizi yg baik utk otak kita?

Jawab ya

Nah trus yg kekinian ini, masalah media sosial, pornografi, narkoba, penculikan, pedofili dsb

Itu bagmn ya..

Social media literacy itu sama pentingnya dgn memberikan makanan bergizi baik utk tubuh

Penekanan pada socmed literacy adl bgmn anak anak dpt menggunakan media sosial utk menambah pertemanan shg menambah wawasan dan pengetahuan, sekaligus dpt berinteraksibdgn bahasa yg sopan , baik dan santun

Tp sblmnya hrs dipertimbangkan juga apakah sdh saatnya anak diberikan hp dgn koneksi internet?

Karena kekhawatiran kita hrs ada solusinya, maka setelah melakukan usaha yg maksimal, maka kita titipkan penjagaan anak anak kita kpd Alloh SWT , karena kita tak selalu berada di dekatnya 24 jam, dan dahsyatnya rayuan dan bujukan dari segala jenis media, maka mengandalkan diri sendiri tdk cukup, selalu berdoa kpd Sang Khalik adalah tawakkal yg sempurna.

Bagaimana aktivitas bunda dan buah hati, media apa saja yg sering diakses ananda?

Setiap media tentu ada plus minusnya ya, dan trgntg pula pesan atau infomasi apa yg ingin didapatkan.

✏Pertanyaan 1
==================

Dari bunda novi:

Anak saya 4,5thn, beberapa bulan ini sudah stop nonton tv, di rumah tontonannya vcd robocar poli & super wings.
Apakah nanti sulit membentuk imunitasnya jk nanti di tempat lain melihat yg tidak seharusnya dilihat?

📝 Jawab:
===================
Sebtulnya anak yg terpapar media itu ada baTAsan waktunya bund, selama tdk lbh satu jam (utk anak 4 th) tdk apa apa, khususnya tayangan edukasi/pendidikan ya spt mengenal angka, huruf, dsb

Maksud sy, jgn terlalu merasa bersalah juga , sebab ini mmg jaman anak anak milenial, jaman dimana informasi luber tak tertahankan, kalau dia imun di rumah, ketemu temannya nt malah gagap bund..ini pemahaman saya

Karena tiap anak dan keluarga kondisinya berbeda ya bund…

✏pertanyaan 2
==============

Dari bunda fitria

Untuk mengedukasi anak anak (terutama usia pra sekolah) ttg literasi media ini , apakah bisa dengan dikuatkan dulu minat bacanya? Membaca yg bukan sekedar.baca huruf dan kalimat.

📝Jawab
===================
Betul bund, anak kan mengikuti habbit orang tuanya, apalagi jk mampu membuat mini library

✏ pertanyaan 3
==============

Dari ummu naufal

Apakah Pemahaman ttg Media literacy efektif bisa disosialisasikn ke anak sejak usia dini?

📝jawab
==============
Justru mmg sejak dini Bund, krn anak msh dalam dekapan kita , hingga mininal usia 12 tahun, kita yg mendesain mau spt apa, yg anaknya diarahkan mjd hafiz pastinya didengarkan murottal, dimotivasi oleh hafiz cilik dsb,
Yg pgn anaknya nanti bs kuliah di LN mulai diperkrnalkan english conversation sederhana
Yg ingin anaknya paham science mulai diperkenalkan ekaperimen benda sederhana, dsb

✏Tanggapan
dari bunda novi
================

Lalu menciptakan imunitasnya bagaimana supaya seperti anak mba hani, bisa mengontrol diri & lebih bagus lg mengingatkan orang lain?

📝jawab
===============
Ini proses mba, pelan pelan, bukan hanya dari media, dirumah juga kita kan disarankan tdk buka baju depan anak, kamar tdr terpisah, krn dia dlm kondisi pra baligh, juga diajarkan apa itu mimpi basah, dsb

Yg sdh bs akses hp sendiri bisa dicek history nya sdh pernah buka apa saja,
Download game apa saja

Yg plg ptg dari semuanya adalah penanaman akidah terlebih dahulu ya Bund, insyaAlloh anak fitrahnya sdh baik, asalkan kita ikhlas membimbingnya

Kawan saya bercerita dia kaget banget anaknya buka yutub dan video yg aneh2 itu, tp dia tenang, dan menjadikan itu momentum utk pendidikan, dia sbg ayah menurunkan egonya, memeluk dan memberi pemahaman agar berikutnya tdk terjadi, anaknya dgn lugu blg ga sengaja krn awalnya hanya nonton the cars, trus ada car motor show dan ada spg2 itu deh

✏pertanyaan ke 4
==================

Dari Bunda eno, HSMN cirebon

Anak saya 11th. Sudah bbrp buulan sejak berusia 11thn, ini saya percayakan mengelola akun instagram saya. Ya, msh akun atAs nama sayaa tp yg mengisinya anak saya. Kebetulan anqk saya jg sudah punya usaha dii bidangnkuliner, food photography, hobi travelin5g dan berpetualang. Jd disana anak saya bs bereksplorasi menuangkan hasil hobinya sklgus mencari inspirasi dr postingan org lain. Tentu krn msh pakai akun saya, saya jd bs mengontrol penuh aktifitas virtualnya.

. Apakah yg saya lakukan tepat dan Kegiatan produktif apa saja kah yg bisa dilakukan dgn memanfaatkan media utk seusia anak saya? Medianya apa saja?
Adkah link kelas belajar menulis online yg recomended utk anak usia 11th?

Syukron, bun Hani

📝jawab
===============
Wah barakallah ya, kecil2 sdh “menghasilkan”…
Bisa dibuka romeltea.com,
Ini soal teknis menulis berita sebenarnga tp banyak juga yg bs dipelajari disana

✏ pertanyaan ke 5
====================
Dari bunda nadia, HSMN jakarta

Bun mau tanya, anak saya umur 20 bulan.. Awalnya saya tdk pernah membiasakan anak utk melihat gadget. Tp ketika dia susah makan, nonton youtube menjadi alternatif yg efektif. Anak makannya jd banyak. Kalau dirumah, apabila tdk sambil lihat youtube makannya jd agak susah.. Walaupun kalau diluar tdk tergantung dgn youtube (makan msh normal). Bagaimana cara merubahnya ya? Khawatir jd mempengaruhi kepekaannya pada lingkungan krn sering menonton youtube..

📝jawab
================
Apa ada kawan untuk makan bersama, mis sepupu tetangga dll?

Jika ada , lbh baik kegiatan makan nya bersama sama agar anak melihat cara kawannya makan , bs juga bunda sambil cerita manfaat sayurannya, iniii wortel buat mata adek kinclong looh. Dsb

Kalo krg perhatian dan ingin melatih fokus nanti bunda bs belikan lego kecil2 games2 mencari jejak. Bisa juga dgn instruksi sederhana, misalnya tebak gambar tebak lagu, tebak suara, dsb

✏Pertanyaan 6
====================
Dari bunda puput

Bun Hani, dari materi yg dishare ada istilah sexual media literacy, minta lebih lanjut ya bun. Apakah media literacy anak ditekankan pada awareness anak pd aurat yg muncul di media?

📝jawab:
==============
Ini bs menyangkut dua hal:
Kesadaran ttv bgmn media memframing wanita, atau bagaimana media menjadikan wanita sbg objek material yg dpt dijual

Literasi media bukan hanya soal aurat perempuan saja, ini hanya bagian kecil saja. Literasi media menekankan pemahaman yg utuh ttg fungsi media juga sbg alat ekonomi , jd kita sbg parent cerdas dan kritis

Sehingga ketika anak anak melihat program apapun, dia tanya, ini bagus ga bund buat aku, ada BO, R, atau D?
Ini bener ga si bund , ini boleh ditonton ga?

Sehingga ketika anak anak melihat program apapun, dia tanya, ini bagus ga bund buat aku, ada BO, R, atau D?
Ini bener ga si bund , ini boleh ditonton ga?

Walopun sdh ada KPI tapi kita lah yg pegang kendali di rumah, kalau pasangan mau terlibat ya syukur, alhandulillah, tp ayah kadg sudah lelah bekerja ya bund, shg mereka serahkan ke kita

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

PENUTUP

Baik mba momod yg baik hati, dan bunda solihat yg manis spt sirup campolay..😁 semoga hidup di jaman apapun tdk membuat kita khawatir berlebihan dan gamang akankah kt bs menjadi ibu yg baik utk anak anak kita, gunakan media apapun sbg sarana menambah iman, pengetahuan yg terseleksi, kawan yg memberi nasehat dan ispirasi, promosi promosi yg membantu kt mnjd istri dan ibu yg profesional,
Kita lah yg mengendalikan pesan media, agar tak mudah terhasut, termakan rayuan iklan, terpesona khdpn artis yg hubud dunya, shg lupa ada karunia Alloh yg selalu temani hari hari kita , yaitu anak yg soleh dan solehah , investaai akhirat kita, maka yuk kita jaga asupan informasi mereka, protektif sewajarnya, beri waktu , bauran kasih sayang yg cukup, shg mereka nyaman bertanya kpd kita ttg apapun , serta doa doa dan doa yg tak pernah putus mengalir dari lisan kita, krn spt yg dikatakan Nabi kita, Doa seorang Ibu kpd anaknya ibarat doa Nabi kpd umatnya, insyaAlloh diijabah.

Wallahu A’lam
Sekian..
Mohon maaf apabila ada kekurangan
Wabillahi taufik wal hidayah
Wassalamualaikum wr.wb

🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🔅🔆🔅🔆hsmn🔆🔅🔆🔅
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
👥facebook.com/hsmuslimnusantar
👥FB: HSMuslimNusantara Pusat
📷 instagram: @hsmuslimnusantara
🐤 twitter: @hs_muslim_n
🌐 web:
hsmuslimnusantara.org

❣💟💕❣💟💕❣💟💕❣💟

*KeMisTri* akan hadir kembali…

Ya.. Perkemahan Keluarga Muslim Nyantri… In Sya Alloh pada:

🗓21 – 23 September 2017
🏞 Bumi Perkemahan cikole, Lembang Jawa Barat
📲Info dan sponsor: 082138282456, 081392786598

⛰⛺🏞⛰⛺🏞⛰⛺🏞⛰⛺🏞

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *